10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Penyakit Asam Urat

Posted on
makanan penyebab asam urat
Makanan Pemicu Asam Urat

Jenis penyakit asam urat memang tidak boleh disepelekan begitu saja, karena memang telah menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Sebut saja Gout, yaitu sejenis kondisi menyakitkan yang terjadi pada sendi-sendi Anda yang disebabkan oleh asam urat. Meskipun asam urat memang bisa hilang dengan sendirinya, tetapi prosesnya bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Tentunya, Anda tidak ingin merasakan sakit pada sendi-sendi terlalu lama, bukan?

Serangan asam urat atau Gout sendiri bisa terjadi selama kurang lebih satu minggu penuh, dan kebanyakan dari penderitanya mengalami beberapa kali serangan setiap tahunnya. Gout yang tidak diobati bisa mengarah ke berbagai macam penyakit berbahaya, seperti diabetes dan penyakit jantung. Bahkan gout kronis bisa menyebabkan Anda terkena batu ginjal yang mengerikan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, gout sendiri terjadi ketika terdapatnya penumpukan asam urat di dalam darah Anda. Jenis asam ini kemudian akan mengkristal di sendi-sendi Anda, terutama di area jempol kaki, yang disebut dengan podagra.

Gejala dari serangan asam urat sendiri bisa dikendalikan dengan menggunakan obat anti-radang nonsteroid dan pengobatan sejenis lainnya. Tetapi tetap saja, langkah pencegahan melalui pola makan jauh lebih baik. Karena faktanya, terdapat banyak sekali jenis makanan yang dapat menyebabkan Anda terkena serangan penyakit asam urat yang satu ini.

Maka dari itu, jika Anda ingin terhindar dari penyakit asam urat atau gout, atau ingin mencegah gejalanya tersebut datang tiba-tiba kepada diri Anda, pastikan untuk menghindari makanan yang telah kami tulis di bawah ini untuk Anda.

Ikan

Kita semua sudah tahu bahwa ikan sangatlah menyehatkan, terutama ikan berlemak dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dimana mampu memberikan berbagai macam manfaat kesehatan untuk Anda. Tetapi sayangnya, makanan ikan cenderung menjadi musuh utama bagi para penderita gout karena bisa mengundang serangannya secara tiba-tiba.

Kuncinya adalah Anda harus selalu menghindari makanan dengan kadar purin tinggi. Meskipun purin sendiri tidak akan mempengaruhi gout Anda, tetapi kadarnya yang terlalu tinggi cenderung dapat memperparah kondisi gout tersebut.

Baca Juga   Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Beberapa jenis ikan yang memiliki kadar purin tinggi diantaranya adalah hering, sarden, gurame, cod, salmon, trout, tuna, dan ikan teri.

Makanan Banyak Purin Penyebab Penyakit Asam Urat :

1. Alkohol

Minuman beralkohol telah menjadi salah satu pemicu terbesar Anda terkena serangan gout. Bahkan telah banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa sejenis minuman beralkohol seperti beer ternyata sangatlah berbahaya.

Penelitian tersebut melibatkan sekitar 47 ribu orang pria yang mengkonsumsi alkohol selama 12 tahun, dimana hasilnya memperlihatkan bahwa 2% diantara mereka cenderung mengembangkan penyakit gout yang menyakitkan.

Mengkonsumsi alkohol tentu bisa meningkatkan resiko Anda terkena penyakit gout. Bahkan satu gelas dari minuman beralkohol dalam sehari saja bisa meningkatkan resiko tersebut hingga 50%.

Sama halnya seperti ikan, beer ternyata mengandung kadar purin yang sangat tinggi, sehingga patut Anda hindari ketika tengah menderita penyakit gout demi keselamatan Anda. Selain itu, wine dan minuman keras lainnya pun tidak luput dalam mendatangkan resiko ini.

2. Kafein

Kafein bersifat diuretic, artinya zat ini akan mengurangi kadar cairan di dalam tubuh Anda. Dan ketika itu terjadi, maka bisa memberikan kondisi berbahaya bagi penderita penyakit gout. Hal ini karena ketika Anda mengalami dehidrasi, maka kristal asam urat yang berada di dalam darah akan mulai mengkristal pula di dalam sendi-sendi Anda.

Tapi berbeda dengan beer dan wine, mengkonsumsi kopi masih diperbolehkan selama Anda masih mampu mengatur takarannya, yaitu tidak lebih dari satu gelas per hari. Tetapi jika Anda memaksakan diri untuk mengkonsumsinya lebih dari satu gelas dalam satu waktu, maka tentu saja penyakit gout Anda akan menyerang dengan mudah.

3. Jeroan

Jeroan ternak dari hewan berdaging merah ataupun daging putih juga mengandung kadar purin yang sangat tinggi, sehingga membuat makanan tersebut masuk ke dalam jenis yang tidak boleh dikonsumsi oleh para penderita gout. Pastikan untuk selalu menghindari masakan hati, jantung, paru-paru, dan limpa dari hewan. Hati dari anak sapi bahkan memiliki kadar purin tertinggi, yaitu sekitar 460 mg per sajiannya.

Baca Juga   10 Tips Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

4. Gorengan

Makanan berlemak dapat memicu serangan gout yang sangat menyakitkan, sehingga membuat gorengan harus dijauhkan dari daftar makan Anda. Bahkan fakta dari penelitian telah membuktikkan bahwa orang-orang yang memiliki indeks massa tubuh yang tinggi cenderung dapat meningkatkan resiko mengembangkan gout yang telah mereka derita sebelumnya.

Tidak hanya dapat menyebabkan serangan gout, gorengan pun bahkan bisa membuat Anda terkena gout kronis. Disarankan untuk selalu menghindari berbagai macam makanan yang diproses dengan minyak hingga membuat kudapan lezat tersebut memiliki tekstur yang renyah.

5. Daging Sapi

Daging sapi merupakan salah satu jenis makanan utuh dengan kandungan purin yang teramat sangat tinggi. Selain itu, daging sapi mengandung lemak yang dapat memicu terjadinya serangan gout secara tiba-tiba kepada Anda. Untungnya, Anda tidak harus menghilangkan jenis daging ini secara total, tetapi selalu atur kadarnya.

6. Minuman Bersoda

Tentu saja, jenis minuman ini telah terkenal bisa mendatangkan berbagai macam penyakit berbahaya, terutama diabetes tipe-2. Tetapi efeknya tidak berhenti sampai di sana, karena minuman bersoda pun ternyata bisa sangatlah berbahaya terhadap Anda yang telah memiliki penyakit gout. Banyak penelitian menemukan keterkaitan ‘secara langsung’ antara asupan minuman manis berfruktosa dengan serangan gout.

Selain mengandung fruktosa, minuman bersoda pun ternyata seringkali mengandung kafein yang dapat membuat Anda terkena dehidrasi. Cara mereka merusak tubuh Anda hampir sama seperti kopi, yaitu dengan membuat asam urat mengkristal di persendian Anda sehingga membuat penyakit gout Anda tambah parah.

Baca juga : 9 cara sederhana mengatasi penyakit gout sehingga tidak kambuh

7. Jenis Saus Tertentu

Di zaman dulu, penyakit gout juga seringkali disebut sebagai ‘penyakit orang kaya’ karena memang cenderung selalu menyerang mereka yang memiliki uang berlebih. Sebenarnya bukan kekayaan mereka yang memicu munculnya penyakit asam urat di tubuh mereka, melainkan pola makan tinggi lemak yang tidak diaturlah yang membuat mereka menderita kondisi kesehatan terkait asam urat yang satu ini.

Baca Juga   Makanan yang Baik dan Buruk Untuk Kondisi Masalah Tiroid Anda

Terdapat saus tertentu yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang kaya, karena memang selalu dihidangkan dengan makanan mewah berkelas tinggi. Sebut saja saus béarnaise, saus béchamel, dan saus hollAndaise.

8. Seafood Terutama Kerang

Kerang memang bisa menjadi makanan alternatif pengganti ikan, tetapi sayangnya dalam kasus gout tetap tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Sama halnya seperti jenis ikan berlemak yang telah disebutkan di atas, kerang pun tak luput dari kadar purin di dalam dagingnya yang empuk dan lezat.

Parahnya, tidak hanya kerang saja yang dilarang untuk dikonsumsi, tetapi juga termasuk makanan laut lainnya dimulai dari lobster hingga kepiting. Bagi Anda pecinta seafood, sepertinya harus bersabar untuk tidak mengkonsumsinya dalam beberapa tahun ke depan jika tengah menderita penyakit asam urat atau gout membandel.

9. Jus Buah

Buah-buahan memang menyehatan dan sangatlah disarankan untuk dikonsumsi secara teratur agar Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Tetapi sayangnya, efeknya tidaklah sama ketika buah tersebut telah diproses menjadi jus. Jenis minuman ini cenderung mengandung kadar fruktosa yang sangat tinggi, sekalipun dalam bentuk 100% buah alami. Minuman yang tinggi akan fruktosa sendiri dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *