10 Jenis Manfaat Kesehatan Dari si Hitam Manis Buah Kurma

Posted on
manfaat kurma
Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Kita seringkali mendapatkan oleh-oleh berupa buah kurma dan air zamzam dari orang-orang yang pergi beribadah haji pada saat hari raya Idul Adha. Tapi selain rasanya yang manis dan lezat, buah kurma ternyata memang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda, sehingga membuatnya menjadi jenis buah-buahan yang benar-benar cocok dikonsumsi di daerah dengan suhu ekstrim, seperti Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya.

Manfaat kesehatan yang menakjubkan dari buah kurma sendiri telah digunakan dan dikenal sebagai bahan terbaik dalam perkembangan otot manusia. Orang-orang biasanya mengkonsumsinya dalam berbagai macam cara, seperti mencampurkannya dengan yogurt, roti, atau dimakan langsung sebagai kudapan dan camilan yang lezat. Bahkan buah hitam manis ini sangatlah penting bagi anak-anak, terutama ketika mereka tengah menjalani masa pemulihan dari cedera atau sakit.

Menurut sebuah penelitian modern sendiri menemukan bahwa buah kurma sangatlah bermanfaat dalam mencegah kanker perut. Sehingga bukanlah kebetulan jika umat Islam di wilayah Timur Tengah selalu menggunakannya sebagai camilan untuk berbuka puasa sebelum menyantap makanan padat seperti nasi atau roti.

The American Cancer Society sendiri merekomendasikan asupan serat makanan sebanyak 20 hingga 35 gram setiap harinya, dimana bisa Anda temukan dengan mudah di dalam buah kurma yang lezat. Dikatakan pula bahwa dengan mengkonsumsi satu buah kurma per hari saja dapat menjaga kesehatan mata Anda, dan dipercaya mampu mencegah Anda terkena rabun senja.

Hal ini karena buah kurma memang mengandung sejumlah nutrisi penting yang sangat mengesankan. Diantara yang paling terkenal adalah mineral esensial seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, kalium, magnesium, dan zinc. Anda juga bisa menemukan sejumlah vitamin dimulai dari tiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin A, hingga vitamin K.

Baca Juga   14 Jenis Makanan dan Nutrisi Penting Untuk Mengobati Jerawat Anda

Tentu saja, dengan kandungan yang benar-benar kaya nutrisi, buah kurma siap memberikan berbagai macam manfaat kesehatan untuk Anda, dan berikut adalah daftarnya.

Manfaat Kesehatan Buah Kurma :

1. Meringankan Sembelit

Kurma sudah masuk ke dalam makanan pencahar. Untuk alasan inilah buah hitam dari Timur Tengah ini seringkali dikonsumsi oleh mereka yang menderita konstipasi. Agar Anda mendapatkan efek yang lebih efektif sebagai obat pencahar Anda, maka cobalah untuk merendam beberapa buah kurma ke dalam segelas air putih, kemudian minumlah di pagi hari ketika sudah berubah menjadi sirup.

Buah kurma sendiri sudah mengandung kadar tinggi akan serat larut, dimana sangatlah penting dalam mempromosikan pergerakan usus yang sehat dan membuat makanan melewati usus dengan lebih mudah dan nyaman, sehingga mampu mengurangi kemungkinan Anda terkena sembelit.

2. Memperkuat Tulang

Jumlah signifikan dari mineral yang ditemukan dalam buah kurma membuatnya termasuk ke dalam jenis makanan super atau ‘superfood’ untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit melemahkan nan menyakitkan yang disebut sebagai osteoporosis. Buah kering ini mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang mana semuanya merupakan integral dari perkembangan dan kekuatan tulang seiring dengan berjalannya usia Anda.

3. Obati Gangguan Usus

Kandungan nikotin dalam kurma juga dipercaya memberikan manfaat penyembuhan terhadap anak-anak yang menderita gangguan usus. Asupan kurma secara terus menerus dapat menghambat pertumbuhan organisme patologis sehingga merangsang bakteri ramah dalam usus Anda di saat yang bersamaan.

Dalam hal masalah pencernaan, seperti yang sudah kita tahu bahwa kurma memang mengandung serat, baik itu jenis yang larut maupun tidka larut, serta berbagai macam asam amino bermanfaat yang dapat merangsang pencernaan makanan.

4. Mengobati Anemia

Kurma memang mengandung kadar mineral yang sangat tinggi, sehingga benar-benar bisa membantu mengatasi berbagai macam kondisi kesehatan. Sebut saja kadar zat besi yang dimilikinya, membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik dalam mengatasi dan mengobati anemia. Kadar zat besi dalam kurma juga mampu meningkatkan energi dan kekuatan sambil mengurangi perasaan lelah dan kelesuan akibat kekurangan darah.

Baca Juga   Khasiat daun Binahong Yang Bisa Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

5. Menyembuhkan Alergi

Salah satu aspek yang paling menarik dari buah kurma adalah kandungan organik sulfur yang dimilikinya. Tentu saja ini bukan elemen yang sangat umum bisa Anda temukan dalam sebuah makanan. Oleh karena itulah, kurma juga sangat mampu mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

6. Membantu Mengurangi Berat Badan

Kurma haruslah dimasukkan ke dalam pola makan sehat Anda, terlebih jika tujuan Anda untuk mengurangi berat badan karena mereka mengandung gula, protein, dan berbagai macam vitamin esensial berharga lainnya. Jika kurma dikonsumsi bersama dengan mentimun, maka mampu menjaga berat badan Anda tetap ideal.

7. Meningkatkan Energi

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kurma sangatlah tinggi akan kandungan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itulah, buah kurma menjadi salah satu kudapan penting dalam meningkatkan kadar energi Anda. Faktanya, banyak orang yang segera melahap beberapa buah kurma di siang hari ketika kadar energi mereka sudah mengalami penurunan akibat aktivitas padat di pagi hari.

8. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Berbagai macam vitamin yang terkandung dalam buah kurma juga membuatnya menjadi salah satu makanan yang mampu meningkatkan kesehatan sistem saraf Anda dan tetap membantunya berfungsi dengan baik sepanjang waktu. Kalium juga termasuk ke dalam salah satu bahan utama yang dapat mendukung kesehatan sistem saraf yang responsif, sekaligus membantu mempercepat aktivitas otak dan meningkatkan kewaspadaan Anda.

Jadi, sangatlah penting untuk selalu mengkonsumsi buah kurma dari waktu ke waktu secara teratur, terutama setelah Anda memasuki usia tua yang seringkali membuat Anda mengalami penurunan dalam daya berpikir dan menganalisa sesuatu.

9. Mempromosikan Kesehatan Jantung

Buah kurma juga sangatlah membantu dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Ketika Anda merendamnya semalaman, kemudian dikonsumsi di pagi hari, maka akan memberikan efek positif untuk Anda yang memiliki jantung lemah. Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa kadar kalium yang dimilikinya telah terbukti mampu mengurangi resiko seseorang terkena stroke dan kondisi kesehatan lainnya terkait penyakit jantung.

Baca Juga   Begini Caranya Untuk Haluskan Kulit Tubuh Dengan Masker Strawberry

Tidak berhenti sampai di sana, buah kurma juga telah direkomendasikan sebagai kudapan yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat ‘LDL’ dalam tubuh Anda, yaitu sejenis kolesterol yang sudah menjadi kontributor utama penyebab serangan jantung dan stroke. Jadi sudah jelas, dengan mengkonsumsi kurma maka dapat mempromosikan kesehatan jantung Anda dalam berbagai macam cara.

10. Cegah Rabun Senja

Manfaat buah kurma sudah digunakan secara luas dan umum untuk melawan berbagai macam kondisi yang mempengaruhi telinga, hidung, dan tenggorokan. Sementara daun dari kurma sendiri jika ditumbuk dan diterapkan di sekitar area kulit dekat mata Anda, maka telah terbukti dapat mengurangi frekuensi Anda mengalami rabun senja.

Karena sulit sekali menemukan daun kurma di Indonesia atau di negara-negara subtropis, maka cara ini seringkali digunakan oleh penduduk lokal semenjak ribuan tahun yang lalu. Tetapi setelah kemajuan zaman, Anda tentu bisa memesan daun kurma dengan lebih mudah.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *