10 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Radang Tenggorokan Menyerang

Posted on
radang tenggorokan
Makanan Pereda Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling umum terjadi, baik terhadap orang dewasa maupun anak-anak. Meskipun kondisi ini seringkali terjadi saat musim penghujan tiba, tetapi tidak sedikit juga orang yang mengalaminya sepanjang tahun, dan seringkali menjadi salah satu gejala saat Anda sakit atau terlalu banyak berbicara.

Beberapa pengobatan seperti kemoterapi untuk kanker juga turut mendukung seseorang terkena gejala sakit tenggorokan, sehingga membuat Anda sulit berbicara atau bahkan menelan makanan.

Tetapi untungnya, Anda masih bisa menemukan segudang jenis makanan yang bagus untuk dikonsumsi ketika Anda tengah menderita sakit tenggorokan. Bahkan beberapa makanan yang telah kami susun di bawah ini bisa menenangkan dan mengobati sakit tenggorokan Anda dari dalam.

Ingin tahu apa sajakah makanan yang cocok untuk dikonsumsi ketika Anda tengah menderita sakit tenggorokan? Dan berikut adalah daftarnya untuk Anda.

Makanan Pereda Radang Tenggorokan

1. Sup Ayam Hangat

Orang-orang yang tengah menderita pilek atau flu lebih cenderung memilih sup ayam agar membuat mereka merasa lebih baik. Faktanya, jenis makanan berkuah ini memang dapat menenangkan penyakit pilek penyebab nyeri tenggorokan Anda.

Mayo Clinic bahkan menjelaskan bahwa garam yang terdapat dalam sup ayam dapat menenangkan rasa sakit di tenggorokan sekaligus mengurangi jumlah lendir di sana. Selain itu, sup ayam juga cenderung terasa lebih hambar sehingga baik dalam mendukung proses penyembuhan tubuh Anda.

Hangatnya sup ayam bisa menjadi obat yang lezat saat Anda tengah menderita sakit tenggorokan. Para ahli sendiri menyarankan siapapun yang tengah menderita sakit tenggorokan untuk selalu mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap harinya. Jadi, sup ayam memang dapat mengobati sakit tenggorokan Anda dengan berbagai macam caranya sendiri.

2. Madu

Masih menurut Mayo Clinic, madu juga dapat meredakan sakit tenggorokan yang tengah Anda alami dengan cara melapisi tenggorokan Anda tersebut sambil menenangkan rasa sakit. Anda bisa menambahkan madu tersebut ke dalam teh hangat, atau bahkan langsung memakannya untuk mendapatkan efek yang maksimal.

Baca Juga   7 Cara Luar Biasa Agar Terhindar Dari Gangguan Penyakit Otak

3. Yogurt

Yogurt sendiri merupakan salah satu jenis produk susu yang sangat baik untuk dipilih saat Anda tengah menderita sakit tenggorokan karena efeknya yang sejuk dan terasa hambar. The American Cancer Society mengatakan bahwa mereka yang tengah menderita sakit tenggorokan haruslah mengkonsumsi makanan hambar seperti yogurt, dan menghindari makanan asam seperti jeruk atau saus tomat yang malah bisa menyebabkan iritasi dan membuat sakit tenggorokan Anda tambah parah.

Yogurt juga cenderung sangat mudah ditelan dan meluncur halus di tenggorokan Anda. Untuk hasil yang lebih baik, pilihlah yogurt tanpa gula atau yang belum dicampurkan dengan rasa buah-buahan, serta tambahkan madu untuk cita rasa yang lebih lezat.

4. Makaroni dan Keju

Kedua makanan ini merupakan camilan yang sangat populer di kalangan anak-anak, sehingga membuatnya menjadi makanan terbaik bagi buah hati Anda yang tengah menderita sakit tenggorokan. Sama halnya seperti yogurt, The American Cancer Society pun menyarankan Anda mengkonsumsi makaroni dan keju karena efeknya yang lembut dan hambar.

Manfaat lain dari kedua makanan ini adalah mereka cenderung mengandung kadar protein yang baik, sehingga dapat meningkatkan kadar energi Anda di saat yang bersamaan.

5. Es Krim

Mungkin ini termasuk jenis makanan yang paling banyak dicari oleh orang. Es krim memang mampu membantu mengatasi sakit tenggorokan Anda karena teksturnya yang lembut, mendinginkan, dan creamy.

Es krim polos dengan varian rasa coklat atau vanilla mungkin pilihan yang paling cocok ketika Anda tengah menderita sakit tenggorokan. Tetapi hindari jenis es krim yang memasukkan campuran kacang di dalamnya, karena malah akan menyebabkan iritasi di tenggorokan dan memperparah kondisi Anda tersebut.

Baca Juga   Daun Mint Untuk Manfaat Kesehatan

6. Bawang Putih

Bawang putih telah termasuk ke dalam makanan super atau ‘superfood’ karena mengandung sejumlah nutrisi mengesankan sekaligus mampu mengobati berbagai macam penyakit dan mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan. Faktanya, sup yang mengandung bawang putih, bawang merah, atau thyme akan mampu menghancurkan berbagai macam virus yang terdapat dalam tubuh Anda.

Ketika bawang putih tersebut digerus, maka kandungan alliin akan berubah menjadi allicin, yaitu senyawa yang bertugas dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh Anda karena efek anti-virus dan anti-bakteri yang dimilikinya. Senyawa allicin sendiri dapat menghasilkan efek antioksidan yang sangat kuat terhadap tubuh Anda.

Ketika Anda tengah menderita sakit tenggorokan, cobalah untuk selalu memasukan setengah siung bawang putih ke dalam makanan Anda.

7. Lemon dengan Madu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa makanan asam seperti jeruk memang tidak cocok dikonsumsi ketika Anda tengah menderita sakit tenggorokan, tetapi lemon yang telah dicampurkan madu merupakan pengecualian, karena memang telah menjadi obat alternatif yang ampuh dalam mengobati sakit tenggorokan Anda.

Kedua campuran ini bisa menjadi obat menakjubkan dalam mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tenggorokan, sehingga akan membuat tenggorokan Anda menjadi terasa lebih baik dengan cara mengurangi peradangan tersebut. Selain itu, cairan lemon dapat melawan infeksi tenggorokan Anda berkat sifat anti-bakteri yang dimilikinya.

8. Buah Delima

Buah delima telah dikenal sebagai salah satu jenis buah dengan kandungan antioksidan terbanyak di seluruh dunia. Biji dari buah ini menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Tidak hanya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga dapat menangkal infeksi dengan cara bertindak sebagai astrigen.

Selain itu, Anda pun dapat menemukan kadar tinggi akan polifenol dalam buah merah tersebut, yaitu suatu bentuk antioksidan yang berperan aktif dalam memerangi infeksi. Tidak berhenti sampai di sana, jus buah delima pun kaya akan kandungan menyehatkan lainnya dimulai dari tanin, antosianin, dan asam ellagic, sehingga membuatnya menjadi salah satu buah yang paling direkomendasikan dalam mengatasi sakit tenggorokan Anda.

Baca Juga   6 Cara Alami Mengobati dan Mengatasi Infeksi Jamur

9. Pisang

Buah pisang yang bebas dari rasa asam, serta teksturnya yang lembut dan halus menjadikannya jenis buah yang cocok dikonsumsi ketika Anda tengah menderita sakit tenggorokan. Buah kuning ini cenderung sangat mudah untuk ditelan dan berjalan di kerongkongan Anda secara mudah. Tetapi alasannya tidak berhenti sampai di sana, buah pisang pun termasuk ke dalam makanan berindeks glikemik rendah yang kaya akan vitamin B6, kalium, serta vitamin C.

10. Wortel

Wortel juga termasuk ke dalam jenis sayuran yagn sangat baik untuk dikonsumsi saat Anda tengah sakit, termasuk gangguan kesehatan di tenggorokan Anda. Tetapi Anda harus merebusnya terlebih dahulu sebelum dimakan, karena wortel mentah malah akan memberikan efek sebaliknya terhadap sakit tenggorokan Anda. Tekstur wortel mentah yang keras dapat memperparah rasa sakit yang tengah Anda alami tersebut.

Tetapi jika Anda memasaknya terlebih dahulu, maka sayuran oranye yang menyehatkan ini pun siap memberikan Anda manfaat kesehatan lainnya karena kandungan bernutrisi dimulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, hingga kalium yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *