10 Pola Makan dan Pengobatan Untuk Fibrosis Kistik

Posted on
cara mengobati fibrosis kistik
Pengobatan Alami Fibrosis Kistik

Fibrosis Kistik atau mucoviscidosis merupakan kondisi genetik progresif yang terjadi akibat terdapatnya kecacatan pada gen CFTR, atau Cystic Fibrosis Transmembrane Conductance. Gangguan dari penyakit ini biasanya mempengaruhi paru-paru tetapi juga dapat bermanifestasi di organ yang lainnya termasuk pankreas, usus, sinus, organ seksual, hingga hati.

Pada kondisi ini, lendir Anda akan menjadi tebal dan lengket sehingga menyumbat beberapa organ penting dan membuat banyak bakteri tumbuh dengan mudah di sana. Nutrisi penting juga sayangnya tidak akan mampu melewati jalan yang tersumbat tersebut sehingga Anda beresiko terkena gangguan lainnya seperti malnutrisi.

Gejala paling umum dan utama dari fibrosis kistik bisa meliputi infeksi paru-paru yang berulang seperti pneumonia. Kemungkinan besar Anda pun harus menjalani transplantasi paru.

Meskipun dalam beberapa dekade terakhir ini banyak sekali terapi dan pengobatan yang dapat mengurangi dan mengontrol gejala penyakit fibrosis kistik, tetapi sayangnya masih belum ditemukan solusi kesembuhan secara total.

Fibrosis kistik sendiri kebanyakan mengharuskan Anda menjalani pengobatan di rumah sakit demi mendapatkan perawatan yang lebih memadai yang ditangani oleh para profesional medis. Tetapi karena Anda tidak ingin menghabiskan sepanjang hidup Anda berada di rumah sakit, maka sebenarnya Anda pun masih bisa melakukan pengobatan-pengobatan sederhana yang bisa Anda jalankan di rumah sendiri secara aman.

Salah satu hal yang paling utama untuk dilakukan adalah melalui pola makan dan kebiasaan dari munculnya penyakit itu sendiri. Saat Anda sudah bisa menyeimbangkan asupan makanan Anda dengan yang lebih sehat, maka secara langsung Anda pun bisa menjaga sekaligus meningkatkan kualitas hidup meskipun tengah menderita penyakit yang satu ini.

Adapun beberapa cara pengobatan fibrosis kistik secara alami telah kami terangkan di bawah ini.

Cara Pengobatan Alami Fibrosis Kistik :

1. Ginseng

Ginseng merupakan obat alami yang telah dikenal mampu menghilangkan bakteri penyebab infeksi yang menyerang paru-paru bersama dengan fibrosis kistik Anda. Untuk menggunakannya, Anda bisa menaburkan bubuk ginseng ke atas makanan Anda. Atau Anda pun bisa menikmati kelezatan teh ginseng di sore hari. Tetapi jika Anda merasa kesulitan menemukan ginseng di sekitaran tempat tinggal Anda, maka suplemen ginseng pun masih direkomendasikan.

Baca Juga   Perbedaan Gejala Asam Urat dan Kolesterol

2. Makanan Mengandung Asam Lemak Omega-3

Dengan menambahkan dosis besar makanan yang mengandung asam lemak omega-3 ke dalam pola makan Anda, maka sudah bisa menjadi cara terbaik dalam menjaga tubuh Anda terhadap produksi lendir sekaligus mengurangi peradangan, dimana kedua faktor tersebut telah berkontribusi terhadap berbagai macam penyakit kronis dan infeksi, salah satunya adalah fibrosis kistik yang mungkin tengah Anda derita saat ini. Ikan berlemak merupakan sumber asam lemak omega-3 terbaik, bahkan jika itu dalam bentuk suplemen minyak ikan.

3. Bawang Putih

Bawang putih memainkan peran penting dalam penyembuhan fibrosis kistik di tubuh secara alami dikarenakan terdapatnya komponen yang memiliki sifat antipati alami terhadap bakteri penyebab infeksi paru-paru Anda. Dengan menambahkan bawang putih ke dalam daftar makanan Anda, maka otomatis akan meningkatkan pertahanan tubuh Anda terhadap berbagai macam jenis infeksi yang dapat menyerang sewaktu-waktu.

Anda juga bisa menggunakan cara tradisional seperti menumbuk bawang putih tersebut dan menggosoknya di area dada. Saat Anda tidur nanti, maka tubuh Anda akan menghirup uap bermanfaat yang didapatkan dari jenis sayuran super yang satu ini.

4. Pepaya

Buah eksotis ini telah berhasil menunjukkan kekuatannya dalam melawan bakteri Staphylococcus dan Bacillus cereus, dimana keduanya telah dikaitkan dengan masalah atau gangguan terhadap paru-paru seseorang. Dengan mengkonsumsi buah pepaya beberapa kali dalam sehingga dapat membantu menangkal bakteri-bakteri tersebut berkembang di saluran pernafasan Anda.

5. Cengkeh, Kayu Manis, dan Peppermint

Minyak atsiri ampuh dan kuat yang terdapat dalam beberapa zat-zat ini sebenarnya memiliki satu kesamaan, yaitu mampu mengurangi virulensi dan patogenisitas dari bakteri sehingga membuatnya melemah di dalam tubuh Anda dan tidak akan mampu lagi menyebarkan dirinya sendiri. Ketika hal tersebut terjadi, tentu saja bakteri tersebut tidak bisa menyebabkan lebih banyak infeksi di paru-paru dan Anda bisa terhindar dari komplikasi fibrosis kistik.

Baca Juga   9 Cara Mengobati dan Mengatasi Gejala Bronkitis Secara Alami

6. Licorice

Sebuah tanaman yang seringkali disebut sebagai akar manis ini juga ternyata bisa memberikan manfaat yang sangat baik terhadap paru-paru Anda. Senyawa organik yang terdapat dalam licorice atau akar manis benar-benar bisa mengurangi peradangan di paru-paru, yang artinya Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menghindari infeksi paru-paru lebih lanjut penyebab gangguan fibrosis kistik tersebut berkembang dengan sangat cepat.

7. Kunyit / Kurkumin

Sama halnya seperti licorice, sejenis obat ampuh ini pun mampu membantu mengurangi peradangan di paru-paru dengan menunjukkan sifat anti bakteri tertentu yang dimilikinya. Kurkumin sendiri bisa Anda temukan dengan mudah dalam rempah-rempah bernama kunyit. Jadi, cobalah mulai dari sekarang untuk selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang dicampurkan dengan kunyit sebagai bahan dasarnya agar paru-paru Anda tetap sehat.

8. Oats

Mungkin ini memang terlihat sederhana, tetapi faktanya beberapa jenis enzim yang terkandung di dalam oat benar-benar bisa membantu mengubah metabolisme dan memerangi beberapa jalur kimia dari fibrosis kistik yang merusak.

9. Teh Hijau

Senyawa organik bernama katekin yang bisa Anda temukan dalam teh hijau bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dikarenakan kualitas antioksidan mereka sendiri. Selain itu, minuman ini pun secara langsung dapat menenangkan sistem pernafasan dan menghilangkan peradangan penyebab infeksi secara cepat dan aman.

10. Vitamin D

Sinar matahari memang selalu menyumbangkan nutrisi ke tubuh kita seperti vitamin D, yang mana secara tidak langsung bisa mempengaruhi kemungkinan dari pneumonia berulang. Bahkan beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa asupan vitamin D3 secara teratur dapat mengurangi infeksi berulang secara signifikan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera langkahkan diri Anda ke luar selama beberapa menit untuk mendapatkan asupan nutrisi yang bisa didapatkan secara gratis dari sinar mentari.

Baca Juga   10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Penyakit Asam Urat

Pencegahan dan Kata Peringatan

Salah satu cara terbaik dalam mencegah timbulnya fibrosis kistik Anda adalah dengan menghindari infeksi paru-paru itu sendiri yang biasanya akan mempercepat sekaligus memperburuk kondisi penurunan paru-paru tersebut. Langkah paling awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengobati gejalanya, alih-alih penyakitnya itu sendiri. Segera periksakan diri Anda ke dokter secara rutin untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut jika diperlukan.

Hal lain yang harus Anda ketahui juga adalah tidak adanya obat untuk mengobati penyakit fibrosis kistik. Meskipun pada dasarnya sudah terdapat penelitian di lebih dari 50 tahun terakhir ini, tetapi para ahli masih belum menemukan cara untuk mengatasinya secara total. Sehingga sangat disarankan untuk selalu mendapatkan pemeriksaan kesehatan paru-paru Anda secara rutin.

Adapun cara-cara yang telah dipaparkan di atas hanya bermanfaat dalam mengatasi gejalanya itu sendiri – bukan mengobati penyakit itu secara langsung. Tetapi dengan mengontrol gejala yang tidak menyenangkan yang selalu diberikan oleh penyakit ini, maka Anda cenderung mampu meningkatkan kualitas hidup Anda, meringankan rasa sakit, mengurangi keparahan dari gangguan, serta mencegah Anda tetap berada di rumah sakit seumur hidup Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *