11 Manfaat Super Dari Mengkonsumsi Air Lemon yang Menyegarkan

Posted on
Manfaat lemon
Manfaat Air lemon

Dikenal karena sifat terapeutiknya dari generasi ke generasi, buah lemon mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh, membersihkan perut, dan juga dianggap sebagai pembersih dalam tubuh Anda yang sangat efektif. Berasal dari buah yang sama, jus lemon juga memiliki manfaat kesehatan yang patut untuk dikejar oleh para pecinta makanan sehat, sekaligus bagi mereka yang tengah menderita penyakit tertentu.

Hal ini karena minuman segar ini sudah terbukti mampu mengobati beberapa penyakit berat seperti batu ginjal dan mengurangi stroke. Tetapi berbeda dengan rasanya yang asam, jus lemon justru malah dapat menurunkan temperatur tubuh Anda secara signifikan. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu minuman yang sangat cocok untuk dikonsumsi di musim kemarau, terutama di kota-kota dengan suhu yang ekstrim seperti Jakarta, Bekasi, Jogjakarta, dan daerah yang dekat laut lainnya.

Jadi sudah bukan rahasia lagi jika jus lemon memang dapat membantu Anda tetap tenang dan merasa sejuk sepanjang hari. Adapun manfaat kesehatan jus lemon berasal dari unsur bernutrisi yang dimilikinya, seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, folat, niasin, tiamin, riboflavin, asam pantotenat, tembaga, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, zinc, fosfor, hingga protein.

Selain itu, lemon juga dikenal dengan kandungan flavonoid di dalamnya, dimana merupakan komposit yang memiliki sifat seperti antioksidan dalam melawan berbagai macam jenis penyakit kanker.

Ditambah lagi dengan dilakukannya sebuah penelitian oleh American Urological Association yang menyebutkan bahwa air lemon atau jus lemon dapat menghilangkan terjadinya pembentukan batu ginjal dengan cara membentuk sitrat kemih di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah pembentukan kristal di sana.

Jadi sudah tidak diragukan lagi bahwa baik lemon maupun jus lemon mampu memberikan Anda berbagai macam manfaat kesehatan bagi Anda. Nah, selain dari beberapa kemampuannya dalam menyembuhkan penyakit seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda pun masih bisa memetik berbagai macam manfaat kesehatan lainnya yang telah kami susun di bawah ini dengan lebih terperinci, dan berikut adalah daftarnya.

Baca Juga   Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat Air Lemon

1. Mengobati Gangguan Pencernaan

Jus lemon dapat membantu menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan yang berkaitan dengan gangguan pencernaan dan konstipasi. Untuk menggunakannya, Anda bisa menambahkan beberapa tetes cairan buah lemon tersebut ke dalam makanan Anda, kemudian tunggu efek positifnya terhadap perut Anda. Tetapi hindari memasukkannya ke dalam susu karena cenderung tidak memberikan efek apapun, dan malah beresiko mendatangkan masalah kesehatan lainnya.

Cara lainnya adalah Anda bisa mencampurkan cairan lemon tersebut ke dalam air dingin. Tambahkan pula soda, garam, dan madu sebagai pemanis alami. Minuman segar menyehatkan ini bisa menjadi teman makan Anda saat makan siang. Ketika masuk ke dalam perut, cairan lemon tersebut akan bertindak sebagai pemurni darah dan agen pembersih.

2. Mengobati Demam

Jus lemon juga dapat mengobati seseorang yang tengah menderita flu, demam, dan pilek dengan cara meningkatkan kadar keringat di tubuh Anda. Mungkin inilah kenapa banyak orang secara insting selalu menginginkan jus lemon hangat ketika mereka tengah menderita penyakit umum tersebut yang seringkali menyerang saat musim penghujan tiba.

3. Merawat Gigi dan Mulut

Jika cairan lemon dioleskan ke area gigi Anda yang sakit, maka dapat membantu menghilangkan rasa sakit tersebut bahkan dengan sangat cepat. Memang pada awalnya akan terasa ngilu, tetapi itu artinya tubuh Anda langsung merespon di saat yang bersamaan.

Mengoleskannya beberapa kali (dilakukan seperti memijat) juga dapat menghentikan gejala gusi berdarah sambil menghilangkan bau mulut yang diakibatkan oleh berbagai macam penyakit gusi dan kondisi mulut lainnya.

Selain itu, air lemon juga bisa digunakan sebagai pembersih gigi. Anda bisa meneteskan sedikit cairan lemon ke atas pasta gigi untuk hasil yang maksimal. Tetapi jika mulut Anda merasa sensitif karena rasa asam yang dimilikinya, segera bersihkan sisa-sisa asam yang terdapat dalam mulut Anda dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga   7 Cara Alami Mengatasi Kecemasan dan Stres Dengan Mudah

4. Perawatan Kulit

Selain menjadi salah satu obat antiseptik alami, jus lemon juga dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan kulit Anda. Cairan tersebut bisa dioleskan di area kulit untuk mengurangi rasa sakit akibat sengatan matahari ataupun akibat sengatan serangga seperti lebah. Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa cairan asam ini sangatlah baik dalam mengobati jerawat dan eksim. Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan campuran air putih dan madu sebagai dukungan dari dalam untuk kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

5. Perawatan Rambut

Jus lemon telah terbukti bermanfaat untuk perawatan rambut dalam skala yang sangat luas. Seperti contohnya, ketika cairan lemon tersebut diaplikasikan ke kulit kepala, maka dapat mengatasi berbagai macam masalah kepala seperti ketombe hingga kerontokan rambut. Sementara jika Anda mengaplikasikannya langsung ke rambut Anda sebagai sampo, maka dapat memberikan kilau terhadap rambut Anda secara alami.

6. Mengobati Luka Bakar

Jika cairan lemon dioleskan di area kulit yang terbakar, maka dapat membantu menghilangkan bekas lukanya dengan sangat cepat. Hal ini karena jus lemon memiliki sifat mendinginkan seperti yang sudah disebutkan di atas, sehingga mampu mengurangi sensasi terbakar di kulit Anda secara efektif.

7. Menghentikan Pendarahan Dalam

Berkat efek antiseptik dan koagulan yang dimilikinya, jus lemon juga bermanfaat dalam menghentikan pendarahan internal di dalam tubuh Anda. Misalnya, Anda bisa mengoleskan cairan lemon ke bola kapas kecil dan sumbatkan ke dalam hidung Anda yang tengah mimisan untuk menghentikan pendarahan tersebut.

8. Menenangkan Gangguan Pernafasan

Kemampuan jus lemon dalam mengobati tidak hanya sebatas luka luar saja, melainkan juga bisa sampai hingga saluran pernafasan Anda. Terlebih, jus lemon dapat digunakan untuk Anda yang tengah terkena serangan asma. Hal ini karena lemon sendiri memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga mampu membantu menangani berbagai macam gangguan pernafasan dalam jangka panjang jika dikonsumsi secara teratur.

Baca Juga   Selain Bijinya, Daun Selasih Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

9. Mengobati Reumatik

Jus lemon juga bersifat sebagai diuretik, artinya akan membuat Anda untuk selalu ingin buang air kecil. Tetapi karena hal inilah, minuman asam menyegarkan ini pun dapat mengatasi reumatik dan radang sendi dengan cara membantu mengeluarkan bakteri dan racun di dalam tubuh Anda.

10. Mengurangi Benjolan Abnormal di Tubuh

Seringkali memiliki benjolan di kulit? Maka salah satu cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan cairan lemon di area kulit yang telah mengeras tersebut, yang biasanya muncul di area telapak kaki dan telapak tangan Anda. Dengan alasan yang sama pula, cairan lemon dapat membantu seseorang mengurangi batu empedu di tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

11. Mengatur Tekanan Darah

Tidak berhenti sampai di sana, jus lemon bahkan bisa mengobati berbagai macam penyakit mengerikan terkait tekanan darah, seperti penyakit jantung karena kandungan kalium yang dimilikinya. Sambil memberikan sensasi menenangkan untuk tubuh dan pikiran Anda, mengkonsumsi jus lemon dapat mengatur tekanan darah, rasa pusing, dan mual secara sekaligus di saat yang bersamaan. Bahkan dalam beberapa jenis pengobatan, lemon seringkali digunakan sebagai obat untuk mengurangi tekanan mental hingga depresi.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *