14 Jenis Makanan dan Nutrisi Penting Untuk Mengobati Jerawat Anda

Posted on
cara menyembuhkan jerawat
Makanan Untuk Penyembuhan Jerawat

Selalu ingat bahwa makanan yang Anda konsumsi akan menjadi kontributor utama dari kesehatan Anda. Aturannya cukup sederhana, makanan sehat akan membuat Anda sehat, dan makanan buruk akan membuat Anda sakit. Tetapi masalahnya, terkadang kebanyakan dari kita tidak mengetahui jenis makanan apa saja yang harus dicari, termasuk makanan yang dapat menjaga kulit sekaligus mengobati jerawat Anda dari dalam.

Asupan makanan yang mengandung kadar nutrisi dan cairan rendah malah dapat menyebabkan Anda terkena berbagai macam gangguan, termasuk stres, peradangan, tidur yang tak berkualitas, hingga kerusakan di kulit.

Meskipun sebenarnya masih banyak kontributor utama Anda terkena jerawat seperti produk sebum berlebih di tubuh, bakteri yang menyerang permukaan kulit, peradangan, hingga perubahan hormon, tetapi penyebab kasus gangguan kulit yang paling banyak terjadi adalah disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Adapun makanan-makanan yang harus Anda hindari secara total adalah produk susu, makanan olahan, karbohidrat rafinasi, dan makanan dengan kadar lemak tinggi.

Nah, jika Anda telah terlanjur terkena jerawat, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda pun masih bisa mengatasinya secara alami melalui makanan yang baik untuk kulit Anda. Tanpa banyak berbasa-basi lagi, berikut adalah beberapa jenis nutrisi dan makanan yang harus Anda dapatkan setiap harinya demi mengobati jerawat Anda yang membandel.

A. Nutrisi yang Harus Didapatkan

Para ahli kesehatan selalu menyarankan Anda untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar nutrisi yang melimpah agar mampu mendukung kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan dan tetap menjaganya berfungsi dengan baik. Nah, adapun beberapa nutrisi yang dapat mengatasi jerawat Anda adalah sebagai berikut.

1. Vitamin A

Nutrisi ini telah dikenal sebagai pelawan jerawat karena kemampuannya dalam membantu mencegah sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori. Selain itu, vitamin A juga memainkan peran kunci dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan di saat yang bersamaan. Tentu saja, efek tersebut nantinya akan mengurangi jumlah jerawat sekaligus mencegah pembentukannya di wajah Anda.

Baca Juga   Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

2. Vitamin B3

Dikenal juga dengan nama niasin, vitamin B3 termasuk ke dalam nutrisi yang kaya akan antioksidan, sehingga bisa memberikan perlindungan terhadap kerusakan jaringan berlebih di dalam tubuh, serta meningkatkan energi selular. Tentu saja, antioksidan pun termasuk senyawa organik yang harus Anda dapatkan ketika ingin mengusir jerawat dari wajah Anda.

3. Vitamin B5

Asam pantotenat atau vitamin B5 dapat membantu mempromosikan kesehatan kulit karena ia memainkan peran penting dalam memproduksi energi untuk tubuh Anda. Asam pantotenat pun memainkan perannya dalam memetabolisme semua jenis nutrisi yang telah Anda konsumsi sebelumnya. Dengan begitu, semakin banyak nutrisi yang dimetabolisme dalam tubuh Anda, maka akan semakin efektif dalam membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda secara alami.

4. Vitamin C

Sama halnya seperti niasin, vitamin C pun telah termasuk ke dalam jenis antioksidan yang dapat membantu menjaga Anda terhadap kerusakan radikal bebas. Jenis vitamin ini sangatlah dibutuhkan untuk memproduksi kolagen, yaitu sejenis protein yang memainkan peran penting dalam struktur tubuh Anda. Kolagen juga termasuk kerangka bagi kulit dan tulang Anda, sehingga membuatnya menjadi jenis vitamin yang paling dibutuhkan.

5. Vitamin E

Vitamin E pun tak mau ketinggalan dalam membantu mencegah kerusakan radikal bebas di tubuh Anda. Hal ini karena jenis vitamin ini pun merupakan jenis antioksidan yang dapat menjaga Anda dari kerusakan sel, termasuk kulit dan mata.

6. Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial (EFA) bisa berperan aktif sebagai pelembab alami di kulit. Sebut saja asam lemak omega-3 yang dapat membantu tubuh Anda memproduksi sejenis senyawa anti-radang, sehingga dapat membantu kulit, terutama ketika Anda tengah menderita berbagai macam kondisi kulit terkait peradangan seperti eksim, psoriasis, dan jerawat.

Baca Juga   Khasiat Daun Pandan Untuk Kesehatan

7. Selenium

Mineral yang satu ini dapat membantu melestarikan elestisitas kulit dan mengurangi peradangan yang merusak. Enzim dari selenium ini memainkan peran kunci di dalam sistem detoksifiasi tubuh Anda, serta menawarkan perlindungan terhadap stres oksidatif yang berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

8. Zinc

Yang terakhir adalah zinc, dimana telah menjadi mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit Anda yang halus. Mineral yang satu ini sangatlah bermanfaat terhadap fungsi sistem kekebalan tubuh, sintesis protein, mengobati luka, sintesis DNA, hingga pembelahan sel.

B. Makanan yang Harus Dikonsumsi

Setelah berbicara panjang lebar mengenai vitamin dan mineral yang harus Anda dapatkan untuk mengatasi jerawat, berikut kami paparkan juga beberapa makanan yang harus Anda konsumsi setiap hari secara teratur untuk mengobati kondisi jerawat Anda. Perlu diketahui pula bahwa daftar makanan di bawah ini cenderung memiliki kadar nutrisi yang telah disebutkan di atas.

9. Ubi Manis

Makanan yang manis dan creamy ini sudah termasuk ke dalam salah satu jenis kudapan yang baik untuk kulit Anda – menurut para ahli kesehatan. Hal ini karena ubi manis dikemas dengan vitamin A, vitamin B5, dan vitamin C, sehingga masalah jerawat Anda akan mudah teratasi dengan makanan ini, terutama bagi orang dewasa.

10. Biji-bijian

Jika berbicara mengenai biji-bijian, cobalah bayangkan camilan lezat seperti biji bunga matahari, biji labu, biji rami, dan biji chia. Semua jenis biji-bijian menyehatkan ini mengandung kadar asam lemak omega-3 yang sangat mengesankan yang berguna dalam mengurangi peradangan di kulit Anda. Sementara itu, biji bunga matahari atau kwaci memiliki kandungan tambahan, yaitu vitamin E yang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mata Anda.

11. Sayuran Hijau

Sudah banyak penelitian yang membahas mengenai kemampuan sayuran hijau dalam mendukung kesehatan tubuh kita, termasuk memberikan manfaat terhadap kesehatan kulit Anda tentunya. Sebut saja bayam, salah satu jenis sayuran hijau paling populer di Indonesia dengan kandungan nutrisi yang menakjubkan, dimulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, hingga kalsium. Bayangkan saja! Semua nutrisi tersebut tidak hanya akan mendukung kesehatan kulit Anda, tetapi juga tubuh Anda secara keseluruhan.

Baca Juga   Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

12. Pepaya

Selain rasanya yang manis dan kaya akan kandungan air, buah yang tumbuh subur di Indonesia ini merupakan sumber dari antioksidan serta menyediakan kadar vitamin C, vitamin A, dan kalium yang sangat melimpah. Tentu saja, semua nutrisi tersebut dapat membaAntu membangun sistem kekebalan tubuh, kesehatan rambut, tulang, dan kulit Anda menjadi lebih kuat.

13. Nanas

Nanas segar memiliki kandungan vitamin C yang sangat fenomenal, sehingga menjadikannya sebagai buah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih efektif. Tak lupa juga mengenai kandungan mangan yang memukau di dalamnya, yang mana mineral tersebut telah dikaitkan secara langsung dengan kesehatan kulit seseorang.

14. Tomat

Sama halnya seperti nanas dan buah jeruk, tomat pun dikemas dengan kadar vitamin C yang sangat menakjubkan. Tetapi nutrisinya tidak berhenti sampai di sana, karena buah merah bulat ini juga siap menyediakan jenis vitamin lainnya seperti vitamin A, B3, dan E. Seperti yang sudah dijelaskan secara panjang lebar di atas bahwa keempat vitamin yang terdapat dalam tomat ini merupakan jenis yang paling dibutuhkan dalam mendukung kesehatan kulit Anda dari berbagai macam gangguan terkait peradangan, termasuk jerawat.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *