4 Warna Sayur Terang Dengan Berbagai Manfaatnya

Posted on

Sayuran mengandung berbagai nutrisi, vitamin, dan mineral yang penting bagi tubuh. Tak heran jika sayuran masuk ke dalam menu 4 sehat 5 sempurna. Sayuran sangat dianjurkan untuk selalu masuk menjadi makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh setiap orang. Tahukan Anda? setiap warna sayur memiliki manfaat yang berbeda.

Sayur dengan warna terang, seperti putih, merah, kuning, dan hijau mempunyai kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda-beda. Para pakar gizi menjelaskan hal tersebut disebabkan oleh adanya pigmen warna yang dimiliki oleh masing-masing sayuran. Jadi, dapat dikatakan bahwa sayur dengan warna terang dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai kandungan gizinya.

Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Dari Masing-Masing Warna Sayur

Umumnya, saat ini kita mengenal 4 warna dari sayur, seperti hijau, merah, putih dang kuning atau jingga. Masing-masing dari warna tersebut menandakan jenis kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nah, untuk dapat menentukan pilihan tepat sayuran apa yang akan dikonsumsi pada hari ini, simaklah penjelasan mengenai manfaat warna sayur terang berikut.

1. Kuning atau Jingga

Sayur dengan warna kuning atau jingga terkenal akan kandungan betakarotennya yang sangat tinggi. Betakaroten berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, menghambat proses penuaan dengan cara meremajakan sel-sel tubuh.

Kemudian sayuran berwarna kuning atau jingga juga bermanfaat dalam menurunkan hipertensi, meningkatkan sistem imunitas tubuh, dan sangat baik dalam menjaga penglihatan Anda. Kalium dalam sayuran kuning atau jingga berfungsi untuk mencegah stroke dan jantung koroner. Vitamin C yang banyak sebagai antioksidan. Selain itu, juga ditemukan adanya folat. Folat dapat membantu untuk mencegah cacat lahr tertentu dan mengurangi resiko penyakit jantung bawaan, Contoh sayuran  jenis ini adalah labu kuning dan ubi jalar kuning.

Baca Juga   8 Makanan yang Buruk Untuk Penderita Diabetes Tipe-2

2. Putih

Contoh sayuran yang berwarna putih adalah taoge, bunga kol, sawi putih, bawang putih, dll. Warna putih pada sayuran tersebut diperoleh dari senyawa antoxatin, yang mana berguna untuk membantu menurunkan lemak jahat (LDL) dalam tubuh, mencegah datangnya stroke, dan menurunkan serangan jantung.

Sayuran berwarna putih juga mengandung senyawa allicin yang dapat meurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah Anda. sedangkan zat beta-glucans berfungsi untuk mengaktifkan sel dalam menghindari berbagai penyakit kanker, misalnya kanker usus, kanker payudara dan kanker prostat secara alami. Berbagai bumbu masak yang berwarna putih juga mempunyai manfaat untuk tubuh. Misalnya bawang putih bermanfaat mencegah kanker dan penyakit jantung. Jahe dapat membantu mengatasi mual dan mengurangi rasa sakit/ nyeri.

Sama seperti warna sayur kuning, sayur dengan warna terang putih juga mengandung vitamin C dan serat. Jadi sayur ini juga dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda, melancarkan BAB, sebagai antiokdidan, meningkatkan daya tahan tubuh, dll.

3. Merah

Sayur dengan warna terang yang selanjutnya adalah tomat, cabai, paprika merah, bayam merah, dll. Warna merah dari sayuran tersebut berasal dari senyawa anthocyanin dan likopen. Dua senyawa tersebut bermanfaat untuk memperlancar aliran darah ke jantung Anda, memperkecil resiko kanker kandung kemih, mencegah infeksi, mencegah penuaan dini dan keriput, serta melindungi tubuh dari serangan virus.

4. Hijau

Manfaat warna sayur terang yang terakhir adalah mengenai sayur dengan warna hijau.
Banyak sekali sayuran dengan warna hijau yang dapat Anda temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti sawi hijau, bayam, kangkung, brokoli, daun singkong, seledri, dll. Warna hijau pada sayuran tersebut berasal dari klorofil.

Adapun kandungan gizi dari sayuran warna hijau diantaranya adalah asam alegat. Asam alegat dapat membunuh berbagai bibit sel kanker dalam tubuh dan menormalkan tekanan darah Anda. Sayuran dengan warna terang hijau juga bermanfaat dalam ketajaman penglihatan, untuk melindungi tulang dan gigi serta melancarkan pencernaan, karena mengandung vitamin B kompleks, serat, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, dan betakaroten.

Baca Juga   Kiat Membangun Pola Makan Sehat

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam warna sayur hijau bermanfaat sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas, menurunkan resiko kanker, dan mendorong penyembuhan kulit yang terluka. Semakin gelap atau tua warna hijaunya, maka kandungan manfaatnya juga semakin besar. Misalnya manfaat warna sayur terang hijau pada selada dan brokoli memang hampir sama, namun kandungan gizinya sedikit berbeda, karena lebih banyak pada brokoli.

Setelah mengetahui manfaat warna sayur terang yang berbeda-beda tersebut, sekarang Anda dapat memilih dan memanajemen dalam mengkonsumsi sayuran sesuai dengan kebutuhan gizi yang Anda perlukan tiap harinya.  Ingat! Selain mengetahui setiap warna sayur memiliki manfaat berbeda, Anda juga harus tahu bahwa memasak sayuran terlalu matang dapat menyebabkan yang terkandung dapat berkurang dan bahkan hilang. Jadi, jangan terlalu matang saat memasak sayur ya!

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *