6 Cara Alami Mengobati dan Mengatasi Infeksi Jamur

Posted on
infeksi jamur
Mengobati Infeksi Jamur Secara Alami

Jutaan wanita menderita infeksi jamur pada miss V mereka setiap tahunnya, dan cenderung datang secara berulang hingga berkali-kali. Faktanya, menurut Centers For Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan bahwa sekitar 75% wanita di seluruh dunia akan mengalami infeksi ragi setidaknya sekali dalam kehidupan mereka.

Untungnya, jamur penyebab infeksi ragi di miss V Anda yang bernama candida tersebut sendiri cenderung tidak berhaya. Tetapi dalam beberapa kasus yang lebih parah, mereka akan mengambil alih bakteri baik dalam tubuh Anda sehingga menyebabkan infeksi vagina dan semakin sulit untuk disembuhkan.

Kabar baiknya, masih terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan atau mengusir infeksi ragi tersebut untuk selamanya. Infeksi ragi sendiri dapat diobati hanya dengan beberapa pengobatan alami menggunakan suplemen rumahan, minyak esensial, makanan sumber nutrisi tinggi, hingga probiotik.

Pada dasarnya, infeksi ragi bisa menyerang hampir di semua area di tubuh Anda, terutama di tempat-tempat yang lembab seperti lipatan-lipatan di tubuh. Hal ini karena jamur cenderung tumbuh subur di tempat-tempat seperti itu. Adapun beberapa area tubuh yang paling sering terkena diantaranya: Mulut dan tenggorokan, alat kelamin, ketiak, pusar, rongga hidung dan di sekitar hidung, di dalam telinga, kuku jari tangan dan kaki, dan bahkan saluran pencernaan.

Tetapi ketika infeksi tersebut tumbuh di vagina Anda, maka gejalanya akan semakin berkembang dan menjadi.

Tanda Infeksi Jamur di kemaluan Wanita :

  • Rasa gatal di area miss V (terkadang sangat parah dan membuat Anda tidak nyaman)
  • Keputihan yang tebal tetapi tidak berbahaya.
  • Kemerahan dan pembengkakan.
  • Kulit di sekitar mulut vagina menjadi teriritasi (vulva dan labia).
  • Rasa Nyeri di vagina, terutama saat datang bulan dan ketika melakukan hubungan biologis dengan pasangan.
  • Rasa sakit saat buang air kecil.
  • Terkadang mengeluarkan bau yang tidak biasa.

Ketika candida ragi tersebut semakin berkembang biak, maka akan menyebar ke berbagai macam area tubuh Anda yang lainnya sehingga menyebabkan kondisi kesehatan lainnya. Maka dari itulah, sangat penting bagi Anda untuk segera menghilangkan penyakit tersebut secepat mungkin.
Nah, ingin tahu hal apa yang bisa Anda lakukan? Berikut adalah beberapa cara mengobati infeksi ragi yang terjadi pada miss V Anda secara alami.

Baca Juga   Ingin Jerawat Hilang Tanpa Bekas? Ini Tips Pencet Jerawat yang Paling Baik

Cara Alami Mengobati Infeksi Jamur :

1. Jaga Kulit Anda Tetap bersih dan Kering

Ragi atau jamur akan berkembang biak ketika kondisinya benar-benar mendukung. Sehingga cara terbaik untuk tetap menjaga agar ragi tersebut tidak menyebar adalah untuk menjaga agar kulit Anda tetap bersih, kering, dan terbebas dari goresan atau luka. Selalu bersihkan kulit Anda dari waktu ke waktu, dan lakukan pengobatan secepatnya jika Anda melihat terdapat luka di kulit Anda tersebut, baik itu di vagina, mulut vagina, atau di tempat lainnya.

Begitupun sesaat Anda setelah melakukan hubungan biologis bersama pasangan Anda, disarankan untuk segera mencuci bersih area kemaluan Anda untuk menghindari penyebaran jamur dari Anda ke pasangan, ataupun sebaliknya. Meskipun pada umumnya kaum wanitalah yang sering menderita infeksi ragi, kaum pria pun tidak luput dari serangan infeksi di area kemaluan mereka. Jadi, kebersihan tetaplah menjadi nomor satu baik untuk mengobati, mengurangi, atau pun mencegah infeksi tersebut menghampiri Anda.

2. Selalu Kenakan Baju Bersih

Pastikan untuk selalu mengenakan baik pakaian luar maupun pakaian dalam yang bersih dari waktu ke waktu, dan lebih disarankan untuk memilih pakaian yang terbuat dari bahan katun, atau bahan lainnya yang dapat memungkinkan udara dari luar mencapai bagian kulit Anda, terutama alat kelamin agar tidak menciptakan lingkungan lembab dan hangat yang biasanya bisa menyebabkan infeksi ragi Anda semakin parah.

Di saat yang bersamaan, selalu hindari pakaian yang terlalu ketat jika Anda rentan terkena serangan infeksi ragi karena jenis pakaian ini cenderung dapat meningkatakn suhu tubuh dan membuatnya menjadi lembab. Jika terpaksa (seperti mengenakan pakaian renang), pastikan untuk tidak mengenakannya lebih dari satu jam, terlebih jika pakaian tersebut basah atau bahkan kotor.

Baca Juga   14 Jenis Makanan dan Nutrisi Penting Untuk Mengobati Jerawat Anda

3. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Pola makan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pun dapat membantu Anda agar tetap berada dalam kondisi prima, sehingga mencegahnya terkena berbagai macam resiko dan infeksi. Untuk bagian ini, sel darah putih Anda memainkan peran yang sangat penting dalam melawan berbagai macam patogen dari luar, termasuk virus, bakteri, dan jamur.

Faktanya, orang-orang yang paling banyak terkena infeksi ragi – terutama di area alat kelamin mereka – cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Untuk alasan inilah, kenapa orang-orang yang menderita penyakit HIV, penyakit autoimun, diabetes, atau kanker lebih rentan mengembangkan infeksi dibandingkan dengan orang yang sehat.

Jadi, pastikan untuk selalu mendukung sistem kekebalan tubuh Anda dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, terutama sayuran, lemak sehat, probiotik, dan protein berkualitas tinggi. Makanan probiotik sendiri telah terkenal dengan kemampuannya dalam melawan segala jenis infeksi, termasuk infeksi ragi yang mungkin tengah Anda derita saat ini.

4. Pilihlah Produk Perawatan Diri yang Cocok

Terkadang, alergi terhadap beberapa produk kecantikan dan perawatan diri pun bisa menjadi salah satu penyebab Anda terkena infeksi. Hal ini karena biasanya produk kimia dapat mengiritasi area alat kelamin Anda dan secara negatif mempengaruhi bakteri baik yang hidup disana. Ketika bakteri baik tersebut menghilang, maka jamur atau bakteri jahat akan menyerang dengan sangat mudah. Jadi, jika Anda baru-baru ini menggunakan produk perawatan diri dan melihat adanya infeksi ragi, segera ganti secepat mungkin dengan produk yang lebih alami.

5. Kurangi Asupan Gula

Anda mungkin sudah tahu bahwa diabetes merupakan sebuah kondisi yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah seseorang. Tetapi apakah Anda tahu bahwa gula tersebut pun bisa menyebabkan jamur candida tumbuh dengan sangat cepat? Jadi, jika pola makan Anda tinggi akan makanan manis atau gula dan tiba-tiba terkena infeksi ragi, segera ubah sekarang juga. Jika tidak, infeksi tersebut akan semakin menyebar atau semakin sulit untuk disembuhkan.

Baca Juga   Penyembuhan Akupunktur untuk Penyakit Arthritis

6. Perangi Infeksi Ragi Dengan Suplemen dan Minyak Esensial

Suplemen dan minyak esensial tertentu sangat bermanfaat dalam menghentikan jamur di jalurnya. Beberapa yang direkomendasikan oleh para ahli diantaranya:

  • Probiotik. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa probiotik merupakan cara terbaik Anda dalam melawan infeksi ragi dari dalam. Hal ini karena makan tersebut kaya akan bakteri baik yang dapat memerangi ragi tersebut secara langsung.
  • Antioksidan. Segala macam antioksidan, termasuk vitamin C, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dan seperti yang kita tahu bahwa jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima, maka tubuh Anda tidak akan mudah terkena infeksi, atau bahkan mampu membantu tubuh menghilangkan infeksi ragi yang terlanjur menyerang Anda tersebut.
  • Minyak esensial. Beberapa jenis minyak seperti minyak pohon teh, minyak lavender, dan minyak mur sangatlah melembutkan tetapi ampuh dalam melawan berbagai macam jenis infeksi baik yang disebabkan oleh ragi, parasit, maupun jamur.

Sebelum Anda memeriksakan diri ke dokter, ada baiknya melakukan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas. Tetapi jika infeksi tersebut tetap membandel hingga berminggu-minggu, ada baiknya Anda mulai meminta bantuan tangan para ahli kesehatan untuk mengatasinya.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *