7 Cara Alami Mengatasi Kecemasan dan Stres Dengan Mudah

Posted on
mengatasi kecemasaan dan stress
Cara Alami mengatasi Kecemasan

Anda mungkin seringkali mengalami beberapa perasaan familiar yang kurang menyenangkan, seperti pikiran buruk, telapak tangan yang berkeringat, nyeri dada, hot flashes, kelelahan, kesulitan tidur, dan beberapa kebiasaan buruk seperti menggigit kuku saat Anda merasa cemas.

Sebenarnya, kondisi tersebut tidak hanya menyerang diri Anda saja, melainkan semua orang di seluruh dunia ini pasti mengalami perasaan cemas dan khawatir di momen-momen tertentu. Baik itu dikarenakan tenggat waktu dan tekanan kerja, ketidakpastian hubungan asmara, hingga ketidaknyamanan diri Anda dengan orang-orang, lingkungan, atau keadaan sekitar turut mendatangkan perasaan cemas dan depresi.

Untungnya, Anda masih bisa menemukan berbagai macam cara untuk mengatasi perasaan cemas dan khawatir tersebut. Sementara kecemasan yang tidak terkontrol dan diobati dengan baik bisa melemahkan tubuh Anda secara keseluruhan, sehingga akan membuat Anda semakin jatuh ke jurang perasaan dan pikiran negatif.

Menurut Ellen Albertson, PhD, RD, seorang psikolog dan ahli gizi mengatakan bahwa kecemasan merupakan reaksi tubuh Anda terhadap stres. Ini merupakan hasil dari pikiran negatif dan perasaan cemas Anda sehingga membuat Anda merasa putus asa.

Kabar baiknya, kecemasan dan stres ringan sebenarnya tidak membutuhkan pengobatan secara mendalam hingga mengharuskan Anda memeriksakan diri ke dokter. Tetapi dengan pemilihan makanan dan mengatur pola makan saja sudah cukup berkontribusi terhadap penanganan perasaan cemas dan khawatir Anda tersebut.

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut adalah obat alami untuk mengatasi kecemasan yang bisa Anda buat atau lakukan di rumah dengan mudah.

Cara Sederhana Mengatasi kecemasan :

1. Sarapan Dengan Telur

Perasaan lapar bisa menjadi musuh utama Anda ketika mengalami kecemasan dan stres. Seorang asisten profesor klinis psikoatri dari Columbia University College of Physicians and Surgeons bernama Drew Ramsey, MD, juga menyarankan Anda untuk selalu makan dengan sumber protein dan lemak sehat di pagi hari, seperti telur, serta hindari asupan gula dan karbohidrat rafinasi jika memungkinkan.

Baca Juga   Penyembuhan Akupunktur untuk Penyakit Arthritis

Hal ini karena hipoglikemia, atau kadar gula darah rendah dapat menyebabkan atau malah memperparah gejala kecemasan yang mungkin tengah Anda derita saat ini, terutama berkeringat, gemetar, cepat marah, hingga palpitasi jantung. Tetapi dengan mengkonsumsi cukup protein dan lemak akan tetap menjaga kadar gula darah Anda stabil serta mencegah perubahan dan penurunan suasana hati.

Telur juga sangatlah bermanfaat untuk stres Anda karena mengandung kolin. Sebuah penelitian menemukan bahwa kadar kolin yang rendah telah dikaitkan secara signifikan dengan meningkatnya gejala kecemasan, serta beberapa penelitian lainnya juga menemukan bahwa kolin dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan otak secara keseluruhan.

2. Ambil Nafas Dalam-Dalam

Mengambil nafas dalam-dalam merupakan salah satu cara paling sederhana, tetapi efeknya benar-benar efektif dalam menenangkan diri Anda di tengah-tengah kegelisihan yang ditimbulkan oleh kecemasan. Aktivitas ini akan menstimulasi sistem saraf parasimpatik yang nantinya akan menenangkan respon ‘fight-or-flight’ dan membantu menetralisir stres sekaligus kecemasan itu sendiri.

Disarankan untuk melakukan tekhnik pernafasan sederhana bernama 4-7-8. Caranya:
1.Hembuskan nafas sepenuhnya.
2.Ambil kembali nafas dari hidung hingga hitungan 4 detik.
3.Tahan nafas Anda selama 7 detik.
4.Kemudian buang nafas Anda sepenuhnya hingga hitungan 8 detik.
Lakukan terus selama 5 kali jika diperlukan.

3. Makan Beberapa Potong Coklat

Pola makan bervariasi berbasis nabati bernutrisi tentu dapat mendukung keseimbangan zat kimia di otak Anda agar tetap tenang dan santai. Salah satu nutrisi yang paling penting untuk disoroti adalah magnesium, yaitu sejenis mineral penting yang bertanggung jawab dalam lebih dari 300 reaksi biokimia di dalam tubuh seseorang,

Mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung magnesium saat Anda lelah bisa menjadi suatu keharusan karena memiliki 2 alasan penting. Pertama, kadar magnesium yang rendah dalam tubuh dapat membuat kecemasan Anda semakin buruk; kedua, kecemasan dan stres yang tengah Anda alami akan menguras habis kadar magnesium di dalam tubuh Anda.

Baca Juga   9 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan dan Menjaganya Agar Tetap Ideal

Adapun beberapa makanan yang kaya akan mineral esensial ini diantaranya: sayuran hijau, biji labu, almond, coklat hitam, alpukat, dan kacang hitam.

4. Jalan-jalan Keluar Sambil Berjalan Cepat

Menghabiskan waktu di alam bisa menjadi salah satu kunci terbaik dalam menjaga perasaan tenang dan keseimbangan kehidupan berkualitas Anda. Sebut saja ‘mandi hutan’, sebuah akvititas yang telah menjadi tren di Jepang dimana Anda bisa menikmati keindahan pepohonan di alam sambil berjalan-jalan menghirup udara segar. Lakukan aktivitas ini selama 15 menit dan Anda akan mendapatkan efek yang sangat luar biasa, dimulai dari mengurangi tekanan darah hingga meningkatkan perasaan tenang di pikiran Anda.

Tetapi jika tidak terdapat hutan di sekitar lingkungan Anda, maka carilah tempat yang serupa seperti taman atau kebun. Syaratnya harus tetap berada di luar ruangan dengan pemAndangan hijau, serta jauh dari kebisingan mobil atau motor.

5. Ganti Kopi Anda Dengan Teh Hijau

Terlepas dari rasa cinta Anda terhadap aroma dan nikmatnya secangkir kopi, tetapi jika dikonsumsi terlalu berlebihan malah akan membuat Anda cenderung terkena kecemasan. Hal ini karena kafein dapat menstimulasi produksi adrenalin, yang mana mengaktifkan respon ‘fight or flight’ di tubuh sehingga membuat Anda mengalami stres dan merasa cemas.

Sebaliknya, matcha atau teh hijau bisa memberikan efek yang menguntungkan. Meskipun Anda masih bisa menemukan kafein dalam minuman tersebut, tetapi teh hijau juga mengandung asam amino L-Theanine yang dapat mengganggu efek kafein yang diberikan.

6. Dapatkan Suhu Hangat dan Nyaman

Banyak sekali fakta menyebutkan bahwa seseorang cenderung merasa cemas dan tegang ketika berada di tempat dingin, dan merasa lebih santai ketika mereka berada di tempat hangat. Hal ini tentu sangatlah masuk akal mengingat kebanyakan dari kita selalu menegangkan tubuh sebagai respon dari suhu dingin tersebut.

Baca Juga   Ini Trik Jitu Atasi Jerawat Jika Kulit Anda Kering

Fakta ini bahkan didukung oleh sebuah penelitian di Jepang dimana menemukan bahwa orang-orang cenderung terhindar dari kecemasan ketika mereka menghabiskan waktu bersantai di dalam sauna. Penelitian lainnya juga menekankan bahwa sensasi hangat dapat berdampak pada serotonin, yaitu sejenis neurotransmitter yang mengatur suasana hati Anda.

7. Dapatkan Terapi Pijat

Jika Anda merasa bahwa terapi pijat yang dilakukan seminggu sekali terbilang bisa menguras kantong Anda, maka bandingkan dengan gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat kecemasan dan stres. Sudah banyak sekali penyakit berat yang didasari oleh gangguan mental tersebut, dan malah akan semakin menguras kantung Anda jika dibiarkan nantinya.

Tetapi jika Anda tidak terlalu suka dengan terapi pijat (atau tidak suka kehilangan banyak uang), Anda bisa melakukan latihan ringan setiap hari untuk mengurangi stres tersebut. Sebut saja yoga yang telah terbukti mampu menghilangkan tegangan fisik dan memberikan Anda waktu sejenak untuk berpikir jernih, sambil mengevaluasi hal apa sajakah yang membuat Anda cemas.

Dengan mengetahui akar penyebab dari permasalahan Anda tersebut, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk dapat keluar dari permasalahan dan terhindar dari kecemasan serta stres yang mengganggu.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *