7 Cara Membantu Penyembuhan Gegar Otak Anda Secara Cepat dan Alami

Posted on

Jutaan orang di seluruh dunia setiap bulannya mengalami gegar otak karena disebabkan oleh berbagai macam faktor. Sebut saja kecelakaan di lalu lintas, jatuh, serangan fisik dari orang jahat, atau bahkan karena berolahraga.

Betul sekali, olahraga juga bisa menyebabkan Anda terkena gegar otak jika tidak berhati-hati. Bahkan penelitian juga telah menunjukkan bahwa para atlet sepak bola, bola basket, cheerleader, gulat, boxing, atau bersepeda, cenderung memiliki resiko lebih tinggi terkena gegar otak.

Lantas apa sih gegar otak itu ?

Gegar otak, atau menurut ilmu kedokteran dunia sering kali disebut sebagai Traumatic Brain Injury (TBI) ringan bisa terjadi ketika otak Anda mengalami trauma setelah mengalami hantaman benda tumpul. Prosesnya bisa cukup menyakitkan, yaitu ketika otak Anda memantul di dalam tengkorak sehingga menyebabkan memar atau pendarahan.

Pemeriksaan dan pemantauan menyeluruh sangatlah dianjurkan ketika hal tersebut terjadi, terutama di 24 jam pertama kecelakaan terjadi.

Adapun beberapa gejala Anda tengah mengalami gegar otak diantaranya adalah sebagai berikut:

Gejala Gegar Otak :

  • Kehilangan kesadaran atau pingsan sementara
  • Sakit kepala
  • Terasa terdapat tekanan di kepala
  • Telinga yang berdengung
  • Kebingungan atau brain fog
  • Kehilangan ingatan saat kecelakaan tersebut terjadi
  • Mual dan muntah
  • Berbicara belepotan
  • Kelelahan yang ekstrim
  • Respon dan rangsangan tubuh menjadi lambat
  • Merasa linglung
  • Suasana hati dan kepribadian ikut berubah, termasuk depresi dan cenderung lekas marah
  • Merasa sensitif terhadap suara dan cahaya
  • Nyeri di area leher

Untungnya, sebagian besar orang akan mengalami kesembuhan setelah menjalani perawatan selama beberapa hari. Tetapi, masih beresiko terkena berbagai macam komplikasi, terutama pada orang tua, anak-anak, dan bayi.

Maka dari itulah, demi meminimalisir kemungkinan komplikasi yang muncul, serta mendukung proses pengobatan menjadi lebih efektif, terdapat beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gegar otak yang mana telah kami susun di bawah ini.

Cara Mempercepat Penyembuhan Gegar Otak Secara Alami

1. Tidur dan Beristirahat yang Cukup

Otak Anda akan membutuhkan waktu yang lumayan lama demi menyembuhkan dirinya sendiri dari gegar atau trauma tersebut. Sehingga, sangat disarankan untuk selalu mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup, agar otak Anda pun secara mental bisa mendapatkan waktu istirahatnya sendiri.

Untuk alasan inilah, beberapa aktivitas seperti bekerja di depan layar komputer, membaca, bermain video game, atau bahkan bermain dengan gadget dan smartphone Anda haruslah dihindari untuk sementara waktu sampai gejala dari gegar otak tersebut hilang sepenuhnya.

2. Latihan Ringan

Meskipun istirahat sangatlah dianjurkan, bukan berarti Anda harus tiduran di kasur sepanjang waktu. Ada kalanya Anda harus melakukan aktivitas fisik yang ringan untuk membantu proses penyembuhan otak Anda menjadi lebih cepat dan efektif.

Teori ini telah didukung oleh sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 3000 siswa yang terkena gegar otak akut, yang mana mereka diberikan aktivitas ringan selama masa pengobatan. Di akhir penelitian tersebut, para peserta tersebut cenderung memiliki masa penyembuhan lebih cepat dan mengurangi resiko terkena gejala pasca-gegar otak yang membandel.

3. Konsumsi Minyak Ikan

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di sebuah jurnal Advances in Nutrition, para peneliti berhasil menemukan fakta bahwa suplemen minyak ikan dapat mempercepat proses penyembuhan bagi mereka yang tengah menderita gegar otak dan jenis Traumatic Brain Injury ringan lainnya.

Sayangnya, meskipun minyak ikan memang sangatlah aman untuk dikonsumsi, tetapi jika otak Anda mengalami pendarahan, maka disarankan untuk menghindarinya karena malah bisa memperparah kondisi tersebut dan menyebabkan pendarahan berlebih di otak Anda.

Selain dari suplemen, mendapatkan asupan asam lemak omega-3 dari makanan pun masih bisa memberikan Anda efek penyembuhan secara lebih cepat. Beberapa makanan yang disarankan oleh para ahli karena kandungan asam lemak menyehatkan tersebut diantaranya salmon liar, daging sapi pemakan rumput, biji rami, kacang kenari, dan ikan tuna.

4. Cobalah Creatine

Dalam sebuah penelitian lainnya yang dipublikasikan di jurnal Acta Paediatrica, para peneliti tersebut menemukan bahwa mendapatkan asupan creatine dari suplemen setelah didiagnosa terkena gegar otak pun dapat mengobati gejala terkait kondisi trauma termasuk amnesia, sakit kepala, kebingungan, dan kelelahan.

5. Konsumsi Kunyit dari Makanan

Kita semua sudah tahu bahwa kunyit memang sangat menyehatkan, sehingga menjadikannya salah satu jenis rempah-rempah paling dicari oleh banyak kalangan pecinta makanan sehat. Bahkan menurut para peneliti dari Department of Neurosurgery di Medical College of Georgia telah menemukan bahwa kurkumin – sejenis senyawa yang terdapat dalam dalam kunyit – mampu memberikan efek pengurangan terhadap rasa sakit dan cedera otak oksidatif.

Selain itu, kunyit juga telah banyak digunakan sebagai obat ampuh dalam mengatasi depresi dan peradangan, yang mana telah menjadi efek samping dari gegar otak yang mungkin tengah Anda alami saat ini.

Selain dari makanan, Anda pun bisa membuat teh kunyit untuk hasil yang terbaik, sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda di saat yang bersamaan. Dengan selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk otak, maka organ terpenting Anda tersebut pun akan semakin cepat dalam melakukan proses penyembuhannya.

6. Konsumsi Lebih Banyak Makanan yang Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan memang sudah tidak diragukan lagi dapat menjadi penolong Anda dalam mengusir dan mencegah berbagai macam penyakit, termasuk ketika Anda tengah menderita gangguan otak. Bahkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Surgical Neurology International menemukan bahwa sifat neuroprotektif yang ditemukan dalam antioksidan tersebut dapat menjadi obat alami terhadap gegar otak dan berbagai macam jenis TBI lainnya.

Untungnya, makanan yang kaya akan antioksidan sudah banyak beredar di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Misalnya teh hijau yang telah terkenal memiliki kadar antioksidan yang sangat melimpah.

Salah satu jenis antioksidan yang ampuh dalam mendukung kesehatan otak Anda dalah resveratrol, yang mana bisa Anda temukan dalam anggur merah, blueberry, cranberry, dan kacang pistachio.

Makanan ini pun dapat membantu meningkatkan proses penyembuhan gegar otak, sekaligus meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat di saat yang bersamaan. Otak Anda pun senantiasa akan dijaga dari stres oksidatif dan radikal bebas yang merusak.

7. Minumlah Kafein

Untuk bagian ini, kemungkinan besar akan menjadi salah satu jenis pengobatan yang paling difavoritkan oleh para pecinta kopi. Bagaimana tidak, para peneliti dari University of Puttsburgh School of Medicine’s Department of Critical Care sendiri telah menemukan bahwa kafein telah terbukti memiliki efek neuroprotektif berkualitas terhadap para pasien yang tengah menderita

8. Traumatic Brain Injury.

Selain itu, kafein yang bisa Anda temukan dalam kopi hitam manis juga bisa mempromosikan berbagai macam manfaat lainnya, seperti mendukung kemungkinan berumur panjang, melawan depresi, meningkatkan kesehatan otak, dan menjaga Anda dari berbagai macam penyakit neurodegeneratif terkait otak.

Tidak berhenti sampai di sana, kopi pun sangat kaya akan antioksidan yang terkenal dengan kemampuannya dalam mengurangi peradangan dalam tubuh seseorang. Tetapi jika Anda sudah memiliki gangguan tidur seperti insomnia, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi di atas jam 12 siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *