7 Manfaat Cuka Sari Apel Untuk Kesehatan Anda

Posted on
Manfaat cuka apel
Manfaat Cuka Sari Apel

Masyarakat Indonesia mungkin tidak terlalu umum menggunakan cuka sari apel dan baru menemukan manfaat kesehatannya beberapa tahun terakhir ini. Tetapi sebenarnya, cuka sari apel telah banyak digunakan semenjak ratusan tahun yang lalu sebagai salah satu jenis makanan sehat waktu itu.

Dan hal tersebut memang benar adanya, karena beberapa penelitian pun telah membuktikkan bahwa asupan cuka sari apel setiap hari memang mampu meningkatkan berbagai macam manfaat kesehatan dan kehidupan Anda dalam berbagai macam aspek.

Cuka sari apel sendiri terbuat dari sari apel yang telah menjalani fermentasi untuk membentuk probiotik dan enzim pendukung kesehatan Anda, sehingga membuatnya memiliki kadar gula dan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan jus apel ataupun buah apel utuh.

Faktanya, cuka sari apel yang organik dan belum menjalani proses pasteurisasi merupakan salah satu jenis obat-obatan tertua yang telah banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Hal ini karena jenis cuka ini kaya akan enzim mentah dan bakteri menguntungkan.

Tetapi harap diperhatikan untuk tidak mengkonsumsinya secara langsung karena bisa membakar esofagus Anda. Sebagai gantinya, campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan 200 gram air. Jika Anda mampu mengkonsumsi cuka sari apel dengan takaran normal yang telah direkomendasikan, maka ia siap memberikan Anda berbagai macam manfaat kesehatan yang telah kami paparkan di bawah ini.

Manfaat Cuka Sari Apel :

1. Membantu Menjaga Tingkat pH Alkalin yang Sehat

Kebanyakan dari kita cenderung lebih asam daripada alkali, sementara salah satu tahapan menuju kehidupan yang menyehatkan adalah dengan menambahkan lebih banyak alkali ke dalam tubuh Anda.

Karena keseimbangan alkali begitu penting agar tubuh Anda mampu menjalankan fungsinya secara benar, maka tubuh pun secara alami akan terus mencoba mendapatkan keseimbangan tersebut dari waktu ke waktu. Bahkan perubahan kecil dari pH saja bisa memberikan efek besar terhadap fungsi di tubuh Anda.

Baca Juga   Kiat Membangun Pola Makan Sehat

Jadi, belum lengkap rasanya jika menginginkan tubuh sehat tapi tanpa mempedulikan keseimbangan alkali Anda. maka dari itulah, cobalah untuk mendapatkan keseimbangan tersebut dengan mengkonsumsi cuka sari apel secara teratur. Selain itu, mendapatkan keseimbangan alkali pun bisa meningkatkan kadar energi Anda sehingga membuat tubuh Anda lebih efektif dalam melawan berbagai macam penyakit yang tengah menyerbu secara membabi buta.

2. Mengatur Kadar Gula Darah

Mungkin Anda sudah tahu bahwa lonjakan gula darah bisa beresiko seseorang terkena diabetes tipe-2, dan akan berkembang menjadi komplikasi jika tidak diobati secepatnya. Untungnya, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang direktur departemen nutrisi bernama Dr. Carol Johnston dari Arizona State University menemukan bahwa mengkonsumsi cuka sari apel dapat memberikan efek menguntungkan dalam mengatur kadar gula darah seseorang, terutama bagi mereka yang tengah menderita diabetes tipe-2.

Selain itu, para penulis penelitian yang mempresentasikan temuannya di Experimental Biology Conference di Boston pada tahun 2013 lalu memperlihatkan bahwa cuka sari apel dapat meningkatkan rasa kenyang sekaligus mengurangi glikemia pasca-makan, yang mana kedua efek metabolik tersebut memberikan manfaat penting terhadap orang-orang yang telah memasuki pradiabetes dan penderita diabetes.

Para peneliti tersebut pun menemukan bahwa dengan mengkonsumsi 2 sendok makan cuka sari apel yang dicampurkan ke dalam air putih sebelum tidur dapat mengurangi kadar gula darah sebanyak 4 hingga 6 persen di pagi harinya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tidak hanya berefek pada gula darah, tetapi cuka sari apel juga mampu menurunkan tekanan darah Anda sehingga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Cuka sari apel sendiri mengandung kalium yang telah terkenal mampu memberikan bantuan terhadap keseimbangan kadar natrium di tubuh dan menjaga tekanan darah Anda tetap optimal.

Baca Juga   Manfaat Kesehatan dari Daun Binahong

Anda pun bisa menemukan kandungan magnesium di dalam cuka ini, yang mana dapat membantu menenangkan dinding pembuluh darah dan akhirnya menurunkan tekanan darah Anda secara signifikan.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Masih berbicara mengenai kesehatan jantung Anda. Selain dapat mengurangi tekanan darah, menurut sebuah penelitian dari Medscape General Medicine di tahun 2006 menyebutkan bahwa cuka sari apel juga memainkan peran pentingnya dalam menjaga kesehatan jantung Anda dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik ‘HDL’ dengan sangat baik.

Penelitian lainnya yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry di tahun 2011 juga mengkonfinmasi temuan tersebut dan menambahkan bahwa cuka sari apel ternyata bisa membantu seseorang mengontrol trigliserida dalam tubuhnya.

Ditambah lagi, cuka sari apel dipercaya mengandung jenis antioksidan bernama asam klorogenik, yang mana telah terbukti secara ilmiah mampu menjaga partikel kolesterol buruk ‘LDL’ agar tidak teroksidasi, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung Anda setiap saat.

5. Mendetoksifikasi Hati dan Organ Tubuh Lainnya

Dalam proses membantu menjaga kadar pH tetap seimbang, cuka sari apel juga bekerja dengan cara membantu mendetoksifikasi tubuh Anda. Penelitian sendiri telah menemukan bahwa jenis cuka ini secara spesifik membantu pembersihan hati seseorang, sehingga meningkatkan sirkulasi di tubuh. Efeknya, cuka sari apel dapat meningkatkan berbagai macam proses penyembuhan di kulit dan tubuh Anda, sambil menghilangkan racun-racun lingkungan berbahaya yang telah menumpuk di sana, terutama di organ hati Anda.

Cara lain cuka sari apel dalam mendetoksifikasi tubuh Anda adalah dengan memecah lendir dan mempersihkan kelenjar getah bening untuk memberikan sirkulasi yang lebih baik. Ketika simpatik Anda sehat, maka dapat menghilangkan berbagai macam racun dari sel-sel secara lebih efektif sekaligus meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh di saat yang bersamaan.

Baca Juga   7 Cara Alami Mengatasi Kecemasan dan Stres Dengan Mudah

6. Memberantas Pertumbuhan Candida

Apakah Anda tahu candida? Yaitu sejenis jamur yang seringkali menjadi penyebab berbagai macam masalah kesehatan, termasuk daya memori yang buruk, kelelahan, sakit kepala, depresi, ngidam makanan manis, hingga infeksi ragi. Jamur candida tersebut akan tumbuh dengan sangat cepat di tubuh Anda jika terlalu banyak mengkonsumsi gula atau makanan olahan lainnya.

Para peneliti bahkan percaya bahwa ngidam makanan manis secara tak wajar bisa disebabkan oleh candida tersebut karena mereka secara tidak langsung memerintahkan tubuh Anda untuk segera mendapatkan asupan gula berlebih, agar jamur tersebut bisa bertahan lebih lama di tubuh Anda dan memperluas penyebarannya. Tetapi untungnya, kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi cuka sari apel setiap hari secara teratur.

Pada dasarnya, cuka sari apel yang telah difermentasi mengandung bakteri baik dan bertindak sebagai prebiotik di dalam usus Anda, sehingga bisa mengusir candida tersebut dengan cara memeranginya dari dalam.

7. Meringankan Gangguan Pencernaan

Cuka sari apel sangatlah efektif ketika digunakan sebagai obat gangguan pencernaan karena mampu merangsang cairan pencernaan di perut sehingga tubuh Anda mampu memecah makanan secara lebih baik. Alhasil, jenis cuka ini dapat membantu meringankan gangguan pencernaan, mengobati perut kembung, mengurangi kadar gas berlebih di perut, dan bahkan mengatasi heartburn.

Selain itu, asam sehat yang terdapat dalam cuka sari apel seperti asetat, isobutriat, laktat, dan propionat mampu membantu mendukung kesehatan pencernaan dengan cara mengontrol pertumbuhan bakteri dan jamur yang jahat di dalam perut dan mencegahnya melakukan penyebaran ke seluruh tubuh Anda.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *