8 Cara Mengobati Penyakit Kurap Dengan Bahan Alami yang Bebas Efek Samping

Posted on
Penyakit kulit
Hati- Hati Dengan Sakit Kurap

Kulit anda terasa gatal, mengalami ruam, kasar dan kering? Kemungkinan besar anda telah terkena suatu kondisi yang disebut sebagai kurap. Di dunia medis internasional sendiri, penyakit kurap ini disebut sebagai ‘ringworm’ atau ‘cincin cacing’.

Namun tidak seperti namanya, ringworm bukanlah suatu penyakit yang disebabkan oleh cacing, melainkan karena terinfeksi oleh sejenis jamur yang disebut dengan tinea. Biasanya, tinea akan hidup dan tumbuh subur di jaringan kulit yang mati, termasuk kuku dan rambut anda.

Efeknya, jika anda terkena dengan jenis jamur tersebut, maka anda akan menderita sebuah penyakit yang umum disebut sebagai kurap, dimana dapat meyebabkan bercak merah, bersisik, dan perasaan gatal pada kulit anda. Seiring dengan berjalannya waktu, penyakit ini akan membuat bentuk lingkaran seperti cincin dengan garis tepi melingkar layaknya seperti cacing. Itulah awal mula kenapa kondisi kulit ini disebut sebagai ringworm.

Pada umumnya, jamur tinea ini akan menginfeksi bagian kulit dan kuku anda. Tetapi seringkali mereka menyerang area lengan dan kulit kepala, hingga ke berbagai macam area tubuh lainnya, termasuk wajah anda.

Tak jarang pula kurap yang tumbuh di beberapa area tubuh tertentu memiliki nama yang berbeda. Seperti misalnya, jika jamur tersebut menyerang area pangkal paha anda, maka bisa disebut sebagai ‘jock itch’. Sementara jika jamur tersebut menginfeksi area kaki, maka itu bisa disebut sebagai penyakit ‘kaki atlet’.

Apapun namanya, selama infeksi tersebut disebabkan oleh penyakit atau jamur yang sama, maka bisa disembuhkan dengan cara yang sama pula. Dan berikut ini telah kami paparkan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati dan mengusir kurap yang membandel di kulit anda. Semoga bermanfaat.

1. Sabun dan Air

Ketika anda terkena kurap, maka anda harus menjaga area tersebut sebersih mungkin demi mencegah penyebaran lebih lanjut ke area kulit yang lainnya, sekaligus menjaganya tetap berada di bawah kontrol.
Cucilah area yang telah terinfeksi menggunakan air bersih dan sabun anti-bakteri setiap hari tepat sebelum menerapkan obat rumahan lainnya yang mungkin sudah anda persiapkan saat ini.

Baca Juga   Ingin Jerawat Hilang Tanpa Bekas? Ini Tips Pencet Jerawat yang Paling Baik

Keringkan pula area yang telah terkena tersebut setelah mandi, karena jika permukaan kulit anda dibiarkan tetap lembab selama beberapa waktu, maka akan memudahkan jamur untuk melakukan penyebarannya lebih jauh lagi.

Zaman dahulu, orang bahkan selalu menggunakan arang sebagai sabun untuk mengobati penyakit kurap membandel yang satu ini. Tetapi sekarang sudah jarang sekali digunakan karena cenderung akan menyebabkan iritasi terhadap kulit yang sensitif.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat anti-jamur yang sangat kuat, sehingga dapat membantu mengobati kurap anda jika dioleskan ke area yang telah terinfeksi dalam keadaan hangat. Cara menggunakannya, rendam bola kapas ke dalam cuka sari apel murni kemudian oleskan ke atas permukaan kulit anda. Lakukan cara ini hingga 3 kali per hari.

3. Minyak Pohon Teh

Penduduk asli Australia zaman dahulu telah terbiasa menggunakan minyak pohon teh sebagai obat untuk anti-jamur dan anti-bakteri, bahkan hingga saat ini pun masih dimanfaatkan untuk tujuan yang sama. Hal ini karena penelitian sendiri telah membuktikkan bahwa jenis minyak ini memang sangatlah efektif dalam mengobati infeksi jamur di kulit seseorang.

Oleskan minyak pohon teh tersebut tepat di area yang telah terinfeksi selama 2 hingga 3 kali per hari menggunakan bola kapas sama seperti cara nomor satu di atas. Namun jika anda memiliki kulit yang sensitif, maka disarankan untuk dicampurkan dengan minyak kelapa agar memiliki tekstur yang lebih encer.

4. Minyak Kelapa

Selain bisa digunakan sebagai bahan campuran bersama dengan minyak pohon teh, anda pun ternyata bisa menggunakan minyak kelapa secara mandiri jika anda merasa kesulitan untuk mendapatkan minyak pohon teh di sekitar tempat anda. Minyak kelapa juga memiliki sifat anti-mikroba dan anti-jamur yang dapat membantu mengatasi infeksi kurap.

Baca Juga   Manfaat Latihan Yoga untuk Mengatasi Stres

Bahkan minyak kelapa juga merupakan obat rumahan yang sangat baik dalam membasmi infeksi jamur lainnya seperti candida. Karena teksturnya yang sangat mudah untuk diterapkan ke atas permukaan kulit – serta telah menjadi kondisioner rambut yang efektif, maka minyak kelapa bisa menjadi obat yang paling ideal untuk mengobati kurap yang menginfeksi kulit kepala anda.

Untuk menggunakannya, hangatkan minyak kelapa ke dalam microwave hingga menjadi cair dan cukup hangat (hindari penggunaan minyak kelapa yang terlalu panas). Kemudian oleskan langsung di tempat yang telah terinfeksi. Minyak ini akan langsung diserap oleh kulit anda secara cepat. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali dalam satu hari.

5. Kunyit

Sudah banyak artikel yang membahas mengenai kemampuan kunyit dalam memberantas berbagai macam penyakit sekaligus menyehatkan tubuh anda di saat yang bersamaan. Bahkan, penyakit kurap yang membandel pun tidak luput darinya. Kunyit sendiri mengandung sifat anti-bakteri dan anti-radang, sekaligus menjadikannya obat yang sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur di kulit anda.

Campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air, lalu aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ke kulit anda yang telah terinfeksi dan biarkan hingga mengering. Anda juga bisa mengkonsumsi teh kunyit setiap hari untuk sarana pengobatan alternatif dari dalam.

sakit kurap
Penyakit Kulit Kurap

6. Lidah Buaya

Lidah buaya telah digunakan semenjak dulu sebagai obat alami untuk mengatasi infeksi bakteri dan jamur, termasuk kurap yang membuat kulit anda terasa gatal. Lidah buaya sendiri bekerja dengan cara menenangkan gejala kurap seperti gatal-gatal, peradangan, dan perasaan tidak nyaman di kulit. Oleskan gel lidah buaya tepat langsung di area yang telah terkena. Lakukan cara ini hingga tiga kali dalam sehari.

Baca Juga   Fakta Tentang Penyakit Tinnitus [Jenis, Penyebab dan Gejala]

7. Minyak Oregano

Minyak oregano esensial mungkin termasuk ke dalam salah satu jenis minyak anti-jamur yang paling ampuh jika dibandingkan dengan berbagai macam produk di luaran sana. Cara kerja dari jenis minyak ini cukup sederhana, yaitu dengan menghambat sekaligus mengobati infeksi di kulit, termasuk kaki atlet dan kurap anda.

Campurkan beberapa tetes minyak oregano ke dalam minyak sayur atau minyak zaitun, kemudian langsung oleskan di area yang telah terinfeksi sebanyak 3 kali dalam sehari.

8. Bubuk Licorice

Licorice juga memiliki sifat anti-mikroba yang sangat kuat, bahkan sebuah penelitian telah menemukan bahwa ekstrak atau bubuk licorice dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi infeksi jamur.

Campurkan 8 sendok teh dari bubuk licorice dengan satu gelas air, kemudian didihkan. Ketika sudah mendidih, kurangi apinya lalu biarkan mendidih selama 10 menit. Aduk hingga berubah menjadi pasta. Saat campuran tersebut sudah cukup dingin untuk disentuh, maka segera oleskan di area yang telah terinfeksi dan biarkan setidaknya selama 10 menit. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

Kunjungi Dokter

Anda harus memeriksakan diri anda ke dokter jika gejala dan kurap tersebut tidak menghilang bahkan setelah menjalani pengobatan di atas lebih dari 2 minggu. Karena dalam beberapa kasus, kurap tersebut tidak akan mampu disembuhkan oleh obat-obatan rumahan semata, sekalipun salep yang anda beli di apotik.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *