8 Makanan Terburuk Untuk Jantung Anda yang Harus Dihindari

Posted on

Sebenarnya, makanan yang dapat menyehatkan jantung Anda sangatlah sederhana. Sebaliknya, banyak sekali makanan mahal yang malah dapat menyebabkan Anda terkena berbagai macam masalah terkait jantung. Sebut saja makanan yang mengandung kadar tinggi akan kolesterol, garam, hingga lemak jenuh.

Meskipun begitu, banyak orang yang masih memilih makanan-makanan tak sehat tersebut dibandingkan dengan makanan menyehatkan yang cenderung lebih murah, hanya karena rasanya yang lebih membuat ketagihan dan tampilannya yang menggoda.

Tetapi selama Anda masih mampu menjaga kadarnya, maka makanan yang lezat tersebut masihlah aman untuk dikonsumsi. Teori ini bahkan didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan di beberapa tahun terakhir ini. Bahkan menurut seorang profesor ilmu makanan bernama Jeff Volek, PhD, RD, dari The Ohio State University mengatakan bahwa beberapa laporan penelitian terbaru tidak menemukan keterkaitan antara asupan makanan lemak jenuh dengan penyakit kardiovaskular.

Mengacu terhadap penelitian tersebut, artinya Anda masih boleh mengkonsumsi berbagai macam lemak jenuh dari makanan selama Anda tahu kapan harus berhenti dan tidak terlalu banyak. Tetapi meskipun begitu, Anda tetap harus jeli dalam melakukan pemilihan makanan.

Karena menurut seorang ahli diet terdafar bernama Kate Patton dari Cleveland Clinic’s Heart and Vascular Institute juga mengatakan bahwa dari makanan-makanan tersebut, ada jenis yang menyehatkan dan jenis yang malah meracuni kita.

Maka dari itulah, tanpa mengesampingkan fakta di atas, terdapat beberapa jenis yang harus Anda hindari sepenuhnya jika ingin menjaga agar jantung Anda tetap sehat, dimana telah kami paparkan di bawah ini untuk Anda.

Makanan Terburuk Untuk Kesehatan Jantung :

1. Minuman Bersoda

Segala makanan yang mengandung jenis gula sederhana yang biasanya terdapat dalam minuman bersoda cenderung dapat menyebabkan Anda terkena peradangan sekaligus meningkatkan kadar gula darah Anda.

Bila kondisi tersebut terjadi, maka akan lebih menekan dinding arteri Anda dan meningkatkan resiko Anda terkena penyakit kardiovaskular. Tentu saja, semakin banyak Anda mengkonsumsi minuman bersoda, maka akan semakin tinggi menempatkan resiko Anda terkena penyakit mematikan tersebut.

Baca Juga   Kiat Membangun Pola Makan Sehat

Dengan kata lain, menghindari minuman bersoda merupakan suatu keharusan jika ingin menjaga agar jantung Anda tetap sehat dan berjalan secara normal. Alih-alih mengkonsumsi minuman bersoda yang dapat menggeroti kesehatan Anda dari dalam secara langsung, akan lebih baik jika Anda untuk lebih memilih air putih yang lebih menyehatkan dan menghidrasi dengan baik.

Bahkan menurut sebuah penelitian dari Sponge Loma Linda University menemukan bahwa dengan meminum 5 gelas atau lebih dari H20 (air putih) per hari, maka dapat memangkas resiko penyakit jantung Anda hingga 60%.

2. Kue-kue yang Dipanggang

Lagi-lagi segala makanan yang mengandung gula, termasuk gula meja (tebu), gula merah, sirup jagung, sirup maple, madu, dan berbagai macam pemanis lainnya cenderung dapat menyebabkan tingkat stres oksidatif yang lebih tinggi.

Alhasil, makanan-makanan manis yang dipanggang ini dapat menyebabkan penyumbatan di arteri, hipertensi, gagal jantung, dan bentuk lain dari penyakit kardiovaskular. Tetapi berbeda dengan minuman bersoda yang harus Anda hindari sepenuhnya, makanan ini masih bisa Anda nikmati tetapi dalam kadar yang normal.

3. Gula Rafinasi atau Pemanis Buatan

Gula rafinasi atau olahan cenderung dipompa dengan gula dan aditif, yang mana sama sekali tidak memberikan keuntungan apapun untuk jantung Anda – malah memberikan resiko Anda terkena berbagai macam penyakit jantung, sekaligus memperburuk kondisi jantung jika Anda telah memiliki salah satu penyakit terkait jantung.

Adapun contoh jenis makanan dan bumbu yang perlu Anda hindari adalah seperti saus tomat dan saus pasta, hingga roti putih dan yogurt tinggi lemak karena merupakan sumber dari gula dan karbohidrat rafinasi.

4. Margarin

Penelitian terbaru membuktikan bahwa mentega tidak menyebabkan efek negatif terhadap jantung Anda. Tetapi di lain pihak, margarin memiliki efek berbeda dengan mentega karena cenderung dikemas dengan asam lemak trans yang buruk untuk kesehatan Anda. Tentu saja, kandungan ini menjadi musuh utama jika berbicara mengenai resiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga   Selain Sengatan Matahari, 8 Hal Ini pun Bisa Menyebabkan Anda Terkena Kanker Kulit

Margarin sendiri dikemas dengan minyak terhidrogenasi parsial, yaitu salah satu sumber paling umum dari lemak trans. Selain telah dikaitkan dengan penyakit jantung seperti yang sudah disebutkan di atas, jenis lemak ini pun dapat mempercepat proses penuaan kulit Anda dengan cara membuatnya lebih rentan terhadap radiasi ultraviolet.

Jadi, kenapa Anda masih mengkonsumsinya? Akan lebih baik untuk menghindarinya dan mengganti margarin tersebut dengan minyak yang menyehatkan jantung seperti minyak zaitun.

5. Kopi Bubuk dengan Krim

Sama halnya seperti margarin, krim-krim bubuk ini cenderung dikemas dengan lemak trans yang buruk untuk jantung Anda. Efeknya hampir sama seperti popcorn microwave yang juga dapat merusak jantung Anda sekaligus menempatkan Anda pada resiko terkena tumor, karena terdapatnya minyak terhidrogenasi yang benar-benar tidak ramah terhadap jantung Anda.

6. Daging Asap dan Daging Dendeng

Meskipun pada dasarnya Anda masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi lemak jenuh dalam kadar yang normal atau kecil. Tetapi berbeda dengan daging yang telah diasapi dimana harus Anda hindari sepenuhnya jika ingin tetap terhindar dari berbagai macam penyakit jantung.

Penelitian sendiri telah menunjukkan bahwa asupan daging merah telah dikaitkan dengan meningkatnya kadar bakteri berbahaya dalam usus Anda. Meskipun sangatlah lezat untuk dikonsumsi, dan bisa menjadi daging alternatif bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Sayangnya daging asap dikemas dengan nitrat, yaitu sejenis pengawet yang dapat mengganggu kemampuan alami tubuh Anda dalam memproses gula, sehingga selain dapat membuat Anda terkena penyakit jantung, Anda pun beresiko terkena diabetes tipe-2 di saat yang bersamaan.

Tidak berhenti sampai di sana, kebanyakan daging yang telah diproses tingkat tinggi juga dipenuhi dengan sodium, dimana telah menjadi kontributor utama dari hipertensi dan mengembangkan penyakit jantung mematikan.

Baca Juga   11 Gejala Serangan Panik yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Bersama dengan daging dendeng, meskipun daging yang telah mengalami proses pengasapan ini masih dikemas dengan protein sekaligus terbebas dari gandum rafinasi.

Tetapi sayangnya mengandung kadar garam yang sangat tinggi, sehingga menjadi musuh utama jika Anda telah memiliki kondisi tekanan darah tinggi. Satu ons dari daging dendeng saja sudah memiliki sekitar 700 mg garam.

7. Burger atau Hotdog

Nama dari makanan ini memang terdengar asing beberapa puluh tahun yang lalu, tetapi sekian berjalannya waktu dan kemajuan zaman, makanan olahan yang disebut burger atau hot dogs pun semakin bertebaran dan kian diminati oleh masyarakat Indonesia.

Sayangnya, jenis makanan ini bukanlah jenis kudapan sehat yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan, sebaliknya, hot dogs telah dikaitkan secara langsung menjadi penyebab Anda terkena penyakit jantung.

Penyebab utama dari efek tersebut kemungkinan berasal dari kandungannya yang tidak ramah terhadap jantung Anda, seperti nitrat, fosfat, hingga hidrokarbon, sehingga sangatlah bijaksana jika Anda mampu mengurangi atau bahkan tidak menyentuh makanan tersebut demi kesehatan jantung Anda.

8. Kentang Goreng

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kentang goreng tidak hanya merugikan jantung Anda, tetapi juga telah menjadi akar masalah dari berbagai macam gangguan kesehatan tubuh Anda. Contohnya, makanan ini mengandung karbohidrat sederhana yang dapat melonjakkan kadar gula darah Anda dengan sangat cepat, sekaligus lemak dan garam yang mengkikis jantung Anda secara perlahan tapi pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *