8 Makanan yang Buruk Untuk Penderita Diabetes Tipe-2

Posted on
makanan buruk untuk diabetes
Makanan Pantangan Diabetes

Memiliki penyakit diabetes artinya Anda harus tetap menjaga perawatan harian baik dari dokter maupun dari diri sendiri, termasuk memantau kadar gula darah, mengkonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan, dan berolahraga. Aktivitas ini tidak hanya ditujukan agar Anda mampu bertahan dari penyakit tersebut, tetapi juga bisa terhindar dari beberapa komplikasi terkait diabetes yang menyerang jantung, mata, dan berbagai macam organ di tubuh Anda yang lainnya.

Mengontrol berat badan pun bisa menjadi aspek penting lainnya jika Anda tengah menderita diabetes tipe-2. Dengan menurunkan berat badan antara 5 hingga 7 kg sudah bisa membantu memperbaiki sensitivitas insulin dan mengontrol glikemik Anda, serta mengurangi trigliserida, kadar kolesterol jahat ‘LDL’, sekaligus mengurangi tekanan darah di saat yang bersamaan.

Tentu saja, semua itu bisa digapai dengan cara mendapatkan pemilihan makanan yang baik untuk Anda. Itu artinya, pola makan memang selalu memainkan peran penting dalam menjaga agar Anda terhindar dari perkembangan diabetes menjadi lebih buruk lagi. Adapun beberapa makanan yang harus Anda hindari adalah jenis yang cenderung dapat menyebabkan lonjakan gula darah– apapun alasannya.

Nah, dari sekian banyaknya jenis kudapan yang harus Anda hindari, berikut adalah beberapa jenis makanan yang buruk dan yang terburuk untuk dikonsumsi ketika Anda tengah menderita diabetes tipe-2. Harap Anda menghindarinya dari waktu ke waktu.

Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes Tipe-2

1. Makanan Manis Bergula

Diabetes tipe-2 merupakan sebuah kondisi dimana Anda harus mengatur kadar gula darah Anda tetap stabil, dan tentu saja menghindari makanan manis adalah kuncinya. Minuman bersoda, kue-kue manis yang lezat, serta berbagai macam kudapan yang dikemas dengan gula terproses juga mengandung karbohidrat berkualitas rendah.

Makanan jenis ini tidak hanya memiliki nilai gizi yang rendah, tetapi juga dapat menyebabkan lonjakan gula darah Anda dengan sangat tajam sehingga bisa berpengaruh pula terhadap masalah berat badan Anda, serta berbagai macam komplikasi terkait diabetes lainnya.

Baca Juga   Manfaat Latihan Yoga untuk Mengatasi Stres

Tetapi jika Anda tidak bisa menahan diri untuk mengkonsumsi makanan manis seperti kue, permen, minuman bersoda, dan beberapa jenis yang tidak menyehatkan lainnya, akan lebih baik jika Anda lebih memilih makanan manis alternatif dengan segudang nutrisi dan manfaat seperti apel, buah berry, pear, dan jeruk.

Buah-buahan manis cenderung memiliki karbohidrat berkualitas tinggi dan sejumlah serat yang dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa dalam tubuh, sehingga menjadikannya makanan yang cocok bagi Anda penderita diabetes tipe-2. Tambahkan pula beberapa jenis makanan tinggi protein demi menjaga kadar gula darah Anda berada di tingkat terbaik.

2. Jus Buah

Meskipun buah-buahan sangatlah disarankan karena mengandung karbohidrat berkualitas tinggi dan serat menguntungkan bagi tubuh, tetapi tidak untuk jus buah. Anda yang tengah menderita diabetes tipe-2 haruslah menghindari jenis minuman ini secara total, meskipun itu berjenis 100% jus buah asli.

Jus buah memang mengandung kadar nutrisi yang lebih baik daripada minuman bersoda atau minuman berkarbonasi, tetapi sayangnya terdapat kadar gula yang terkonsentrasi dalam jumlah besar di sana sehingga beresiko melonjakkan gula darah Anda dengan sangat cepat dan drastis. Ditambah lagi, mengkonsumsi buah dengan cara dijus cenderung tidak akan memberikan kadar serat yang sama seperti Anda mengkonsumsi buah secara langsung.

3. Buah Kering

Meskipun pada dasarnya buah kering masih menyediakan sejumlah serat dan nutrisi, tetapi proses pengeringan tersebut bisa beresiko membuat gula darah Anda menjadi melonjak dengan sangat tajam. Sekali lagi, konsumsilah buah-buahan secara normal tanpa menjalani proses pengeringan maupun dijus terlebih dahulu.

4. Nasi Putih, Roti, dan Tepung

Beberapa jenis makanan dengan karbohidrat berkualitas rendah lainnya yang sering kita makan sehari-hari sebagai orang Indonesia adalah pati olahan, yang biasanya terdapat dalam nasi putih dan berbagai macam makanan yang terbuat dari tepung termasuk roti dan pasta.

Baca Juga   9 Jenis Makanan Ini Menjadi Penyebab Kondisi Peradangan Anda Tambah Parah

Hal ini karena karbohidrat ‘putih’ ini memiliki sifat yang sangat mirip seperti gula ketika mulai memasuki tubuh Anda untuk dicerna, artinya jenis makanan ini pun dapat melonjakan kadar gula darah Anda secara cepat tanpa ampun.

Gantilah karbohidrat putih Anda dengan sesuatu yang lebih baik seperti gandum utuh yang terdapat dalam nasi merah atau nasi liar, oatmeal, sereal berserat tinggi, dan roti yang terbuat dari gandum utuh. Jenis karbohidrat yang terdapat dalam makanan-makanan ini cenderung tidak membuat kadar gula darah Anda melonjak cepat karena tubuh Anda membutuhkan lebih banyak waktu dalam mencernanya.

5. Produk Susu Tinggi Lemak

Anda mungkin pernah mendengar bahwa lemak jenuh dalam berbagai macam jenis produk susu dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk ‘LDL’ sekaligus menaikan resiko Anda terkena penyakit jantung. Tetapi ternyata, efeknya tidak berhenti sampai di sana karena jenis lemak jahat ini pun masih bisa memberikan masalah serius kepada Anda yang tengah menderita diabetes.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki pola makan tinggi akan lemak jenuh cenderung memperburuk resistensi insulin mereka. Jadi, pastikan Anda untuk benar-benar menghindari produk susu berlemak tinggi yang biasanya terdapat dalam susu murni, krim, yogurt tinggi lemak, es krim, ataupun keju.

Tetapi untungnya masih terdapat jenis produk susu di luaran sana yang terbebas dari kadar lemak sehingga Anda bisa menemukan alternatif dari makanan tersebut.

6. Daging Berlemak

Masih berbicara masalah lemak, Anda pun harus menghindari daging berlemak tinggi karena masih memberikan efek yang sama seperti halnya lemak dalam susu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol buruk Anda sehingga mempromosikan peradangan di seluruh bagian tubuh. Sementara bagi orang-orang yang tengah menderita diabetes efeknya cenderung lebih tinggi dan beresiko terkena penyakit jantung.
Tetapi untungnya, Anda tidak harus meninggalkan daging seutuhnya karena pada dasarnya tubuh memang masih membutuhkan asupan protein. Cobalah untuk lebih memilih daging berprotein tanpa lemak seperti daging ayam tanpa kulit, ikan dan kerang, serta daging sapi tanpa lemak sebagai gantinya.

Baca Juga   Ternyata Ada Banyak Manfaat Luar Biasa Dari Jambu Air

7. Camilan Kemasan

Disamping dari makanan yang dikemas dengan gula dan lemak, terdapat pula jenis makanan yang masih bisa memperparah penyakit diabetes tipe-2 Anda, yaitu tepung putih, sodium, dan bahan pengawet yang terdapat dalam camilan kemasan seperti keripik kentang, kue kering, cookies, dan donat.

Jenis makanan ini pun mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk Anda, sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik ‘HDL’ di saat yang bersamaan, sehingga Anda beresiko terkena berbagai macam penyakit terkait jantung. Bahkan efeknya lebih berbahaya daripada lemak jenuh jika dikonsumsi oleh para penderita diabetes tipe-2.

8. Gorengan

Meskipun tidak dikemas, makanan gorengan seperti kentang goreng, ayam goreng, keripik kentang, dan berbagai macam jenis makanan yang menjalani proses pemanasan dengan minyak sayur masih bisa memperparah kondisi diabete tipe-2 Anda dalam jangka panjang. Hal ini karena makanan berminyak cenderung dikemas dengan banyak sekali kalori dan lemak trans.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk Anda sambil mengurangi kadar kolesterol baik. Teori ini bahkan telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan di Pakistan Journal of Medical Sciences di tahun 2014. Jadi selalu ingatkan diri Anda bahwa tidak hanya makanan manis saja yang dapat memperparah kondisi Anda saat ini, lemak trans pun masih bisa memberikan resiko besar terhadap diabetes tipe-2 Anda tanpa pengecualian.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *