9 Cara Mengobati dan Mengatasi Gejala Bronkitis Secara Alami

Posted on
Penyembuhan penyakit bronkitis
Cara Mengobati Bronkitis Secara Alami

Terkadang infeksi saluran pernafasan bagian atas yang tengah anda derita bisa berubah menjadi kian memburuk sehingga tidak lagi hanya sekedar gejala dari flu biasa. Saat itu terjadi, kemungkinan besar anda akan mengalami batuk-batuk, menggigil, rasa dingin di area dada, dan memiliki nafas lebih pendek dari biasanya. Kemudian ketika anda memeriksakan diri ke dokter, anda akan tahu bahwa saat ini sebuah penyakit yang disebut dengan bronkitis tengah menyerang anda.

Bronkitis dikenal juga sebagai infeksi saluran pernafasan bagian bawah. Meskipun memang terdengar sangat menakutkan, tetapi pada dasarnya kondisi ini bukanlah termasuk ke dalam penyakit serius, dan pada kebanyakan kasus bronkitis tidak memerlukan antibiotik karena pada umumnya penyakit ini hanyalah disebabkan oleh infeksi virus, sama halnya ketika anda tengah menderita flu atau pilek.

Tetapi dalam beberapa kasus yang lebih parah, penyakit ini masih bisa menyebabkan anda berbagai macam masalah lain hingga kematian jika tidak ditangani secepatnya. Sekecil apapun jenis penyakit tersebut, tetapi jika tidak diobati maka bisa berubah menjadi lebih berbahaya dan mematikan.

Penyakit bronkitis sendiri dapat menyebabkan lapisan lendir saluran bronkial anda (yang bertugas membawa udara ke dalam paru-paru) menjadi meradang dan dipenuhi dengan lendir. Meskipun kondisi ini hanyalah sementara dan kebanyakan orang bisa merasa lebih baik setelah satu minggu atau sepuluh hari, tetapi gejala batuk yang anda derita akan bertahan hingga beberapa minggu lamanya.

Menurut seorang anggota dewan pengawas kesehatan bernama Chris Carroll, MD, dari American College of Chest Physicians bahkan mengatakan bahwa tidak ada jenis obat-obatan yang dapat mengurangi durasi dari penyakit tersebut. Tetapi anda masih bisa melakukan beberapa hal di rumah yang bisa membuat anda menjadi lebih baik ketika bertarung melawan penyakit tersebut.

Adapun beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengobati atau mengatasi bronkitis secara alami telah kami paparkan di bawah ini.

Baca Juga   Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1. Istirahat Secukupnya

Ketika anda tengah melawan infeksi, maka tubuh anda akan sangat membutuhkan waktu untuk istirahat. Bahkan menurut seorang dokter naturopati berlisensi bernama Amy Rothenberg yang juga pendiri dari American Association of Naturopathic Physicians mengatakan bahwa mendapatkan banyak istirahat menjadi kunci utama tubuh anda dalam melawan berbagai macam penyakit, termasuk bronkitis.

Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa anda haruslah mendapatkan cukup istirahat dan tidur demi menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh anda. Fakta ini didukung oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan di Sleep Journal pada bulan September 2015 lalu yang menemukan bahwa mereka yang kekurangan tidur cenderung lebih rentan terkena serangan virus flu dibandingkan dengan orang-orang yang mendapatkan cukup tidur selama 8 jam sehari.

Tentu saja tidur yang cukup sangat penting dilakukan, karena pilek dan flu telah terbukti sebagai akar permasalahan dari penyakit bronkitis yang mungkin tengah anda derita saat ini.

2. Minum Banyak Air

Tetap terhidrasi dengan baik ketika anda tengah menderita bronkitis dapat membantu mengencerkan lendir, sehingga membuatnya semakin mudah untuk dikeluarkan. Bahkan jika anda terkena dehidrasi saat bronkitis menyerang, maka anda beresiko terkena demam. Meskipun cairan hangat lebih direkomendasikan agar dapat menenangkan tubuh anda, tetapi tetap hindari minuman berkafein seperti kopi karena malah dapat membuat anda terkena dehidrasi.

3. Cobalah Obat Herbal dan Alami

Beberapa tanaman herbal memiliki efek penyembuhan yang dapat menenangkan selaput lendir pada saluran pernafasan yang telah meradang. Sebut saja bromelain, sejenis enzim yang bisa anda temukan dalam buah nanas telah terbukti sangat efektif dalam mengurangi peradangan dan membantu mengatasi batuk berdahak anda.

Selain itu, akar jahe juga bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk anda karena memiliki efek menenangkan dan bertindak sebagai ekspektoran. Anda bisa merebus jahe tersebut dan tambahkan dengan air lemon dan madu ke dalam ramuan tersebut. Minumlah saat hangat-hangat kuku untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga   7 Cara Alami Mengatasi Kecemasan dan Stres Dengan Mudah

4. Madu dan Jus Lemon

Cara ini hampir sama seperti metode di atas, yaitu dengan menambahkan madu ke dalam jus lemon yang menyegarkan. Madu sendiri telah digunakan semenjak zaman kuno karena sifat antibakteri yang dimilikinya. Tetapi alasan utama anda menggunakan madu dalam mengobati bronkitis adalah karena kemampuannya dalam menenangkan selaput lendir yang telah teriritasi.

Pastikan untuk tidak pernah memberikan madu manis ini kepada anak-anak di bawah usia 1 tahun karena dapat menyebabkan botulisme, yaitu sejenis keracunan makanan yang sangat fatal.

5. Konsumsi Makanan Pedas

Jika anda memang penikmat makanan pedas, maka jangan pernah menahan diri anda untuk mengkonsumsi lebih banyak kudapan yang seringkali membuat anda berkeringat tersebut. Makanan pedas yang biasanya menyertakan cabai memang mengandung senyawa yang disebut dengan capsaicin, dimana dapat mengurangi kemacetan dengan cara mengencerkan lendir anda.

Tetapi tetap batasi asupannya karena terlalu banyak malah bisa mendatangkan gangguan perut. Pastinya anda tidak mau mengalami sakit perut ketika tengah melawan penyakit bronkitis, kan?

6. Berkumur Air Asin

Jika anda berkumur-kumur air garam hangat di mulut beberapa kali dalam sehari ketika tengah menderita bronkitis, maka dapat membantu membersihkan lendir berlebih di dalam tubuh anda. Meskipun air garam bukanlah anti-mikroba yang dapat mengusir virus dan bakteri penyebab infeksi, tetapi masih bisa digunakan untuk mengatasi gejala yang tengah menyerang anda saat itu.

Berkumur juga dapat membantu mencegah infeksi saluran pernafasan atas seperti pilek yang dapat berkembang menjadi bronkitis. Bahkan para peneliti dari Jepang melakukan percobaan terhadap 400 orang. Setengah dari mereka diberi cairan garam untuk berkumur, dan setengahnya lagi diberikan antiseptik.

Pada akhir penelitian tersebut, orang-orang yang berkumur dengan air garam cenderung mampu mengurangi infeksi saluran pernafasan hingga 36%, dibandingkan dengan mereka yang berkumur dengan menggunakan antiseptik.

Baca Juga   Ingin Jerawat Hilang Tanpa Bekas? Ini Tips Pencet Jerawat yang Paling Baik

7. Makanlah Sup Ayam

Cara ini sama sekali bukan mitos belaka. Semangkuk sup ayam rumahan memang bisa bertindak sebagai obat alami dan mampu membantu menenangkan saluran pernafasan anda yang tengah meradang. Teori ini telah didukung kuat oleh sebuah penelitian dari University of Nebraska yang menemukan bahwa sup ayam rumahan dapat mempengaruhi pergerakan sel darah putih dalam melawan infeksi, sehingga mengurangi peradangan yang terjadi di sana.

8. Berhenti Merokok

Sudah banyak orang tahu bahwa merokok sangatlah merusak kesehatan anda, tetapi kenapa anda masih melakukannya? Cobalah untuk berhenti atau kurangi porsinya sedikit demi sedikit terutama ketika anda tengah menderita penyakit bronkitis, karena kebiasaan menghisap asap rokok cenderung dapat memperparah peradangan yang tengah terjadi di tabung bronkial anda. Bahkan para ahli menekankan bahwa merokok dapat memperpanjang durasi gejala bronkitis akut yang tengah anda derita tersebut.

Tidak hanya itu, merokok juga dapat membuat obat alami yang telah disebutkan di atas cenderung berkurang keefektifannya, sehingga gejala bronkitis anda tersebut akan semakin betah berdiam di dalam tubuh anda.

9. Jangan Lupakan Vitamin D

Jika anda ingin mencegah bronkitis berulang dan datang kembali menyerang anda, jangan pernah melupakan asupan vitamin D secukupnya. Hal ini karena banyak penelitian observasional yang telah mengkaitkan antara asupan kadar vitamin D yang rendah dengan serangan infeksi saluran pernafasan atas baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *