9 Jenis Makanan Ini Menjadi Penyebab Kondisi Peradangan Anda Tambah Parah

Posted on
Makanan penyebab radang
Makanan Yang harus Dihindari Saat Terjadi Peradangan

Bila berbicara mengenai pencegahan rasa sakit sekaligus menjaga tubuh Anda agar tetap sehat, maka kondisi peradangan kronis bisa menjadi musuh utama Anda. Bahkan telah banyak diteliti pula bahwa peradangan tersebut dapat menyebabkan Anda terkena berbagai macam penyakit berbahaya dimulai dari penyakit jantung, stroke, hingga diabetes.

Dalam bentuk yang paling umum, penyakit yang terkait peradangan bisa muncul dalam berbagai macam bentuk, seperti radang sendi, osteo, dan jenis rheumatoid lainnya.

Meskipun pada dasarnya terdapat beberapa obat-obatan – termasuk obat anti-radang seperti ibuprofen – dapat menenangkan rasa sakit tersebut, tetapi perubahan gaya hidup dan pola makan pun menjadi kunci penting agar peradangan yang terjadi dalam tubuh Anda tidak kunjung memburuk.

Adapun beberapa gaya hidup yang bisa Anda lakukan adalah seperti mengurangi kadar stres, mendapatkan tidur yang cukup, dan tetap aktif secara fisik. Sementara perubahan pola makan bisa berupa mengkonsumsi makanan anti-radang, sekaligus menghindari beberapa makanan yang dapat memicu atau bahkan memperparah kondisi peradangan Anda.

Agar mampu mengurangi peradangan dalam tubuh Anda, maka cobalah untuk memulai memilih asupan makanan yang belum diolah, atau tidak menjalani proses pengolahan terlalu banyak. Tambahkan juga beberapa makanan super yang telah dikenal mampu memberikan manfaat kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Dimulai dari buah-buahan, sayuran, hingga rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, dan kunyit.

Nah, di artikel kali ini, kami hanya akan berfokus terhadap beberapa makanan yang harus Anda hindari sepenuhnya. Tanpa berbasa-basi lagi, berikut adalah daftar makanan yang dapat menyebabkan peradangan Anda tambah parah.

List Makanan Yang Bisa Menambah Parah Peradangan :

1. Kentang Goreng

Bila di depan Anda terdapat dua buah makanan berbeda, yaitu kentang goreng dan sayuran, kira-kira kudapan manakah yang akan Anda pilih? Sayangnya, kebanyakan orang pasti akan memilih kentang goreng karena rasanya yang begitu lezat. Padahal, kentang goreng sendiri telah termasuk ke dalam makanan yang sangat buruk untuk berbagai macam kondisi kesehatan, termasuk kondisi peradangan yang mungkin tengah Anda derita saat ini.

Baca Juga   Minyak Varash Healing Oil untuk Kesehatan dan Terapi Penyakit

Bahkan sebuah penelitian dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai telah menunjukkan bahwa mereka yang berhasil memotong asupan atau bahkan menghindari kentang goreng secara total, cenderung mampu mengurangi penAnda peradangan dalam tubuh mereka di saat yang bersamaan.
Jadi sudah bukan pilihan lagi jika Anda ingin menyembuhkan kondisi peradangan dalam tubuh Anda. Menghindari kentang goreng dan menggantinya dengan makanan yang lebih menyehatkan seperti sayuran dan buah-buahan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

2. Roti Putih

Menurut seorang manajer pusat informasi mikronutrisi bernama Victoria J. Drake, PhD, dari Linus Pauling Institute mengatakan bahwa jenis makanan yang tinggi akan tepung olahan dapat memproduksi sinyal penyebab peradangan yang disebut sebagai sitokin. Tidak hanya roti putih, tetapi beberapa makanan lainnya yang mengandung tepung olahan pun haruslah Anda hindari sepenuhnya demi menjaga agar peradangan kronis Anda tetap berada di bawah kontrol.

3. Kopi dengan Krimer

Banyak sekali orang yang senantiasa menambahkan sesuatu ke dalam kopi hitam pahit mereka, salah satunya adalah krim sehingga membuat minuman favorit mereka tersebut memiliki cita rasa yang lebih lezat dan aroma yang menggoda. Tetapi sayangnya, masalah utama dari minuman tersebut cenderung mengandung lemak trans, yang juga dikenal sebagai penyebab Anda terkena peradangan.

4. Donat

Tepung rafinasi juga mengandung kadar gula yang sangat tinggi sehingga dapat memicu tubuh Anda menghasilkan sinyal-sinyal penyebab peradangan. Sama halnya seperti roti putih, bukan hanya donat yang harus Anda waspadai, tetapi juga beberapa makanan lainnya yang menggunakan bahan sama seperti kue kering dan kue bolu (cake).

Tentu saja, hal ini bisa menjadi cobaan bagi Anda penyuka makanan manis. Tetapi jika Anda tengah menderita radang kronis, cobalah untuk bersabar dalam menghindarinya terlebih dahulu. Anda pun bisa menggunakan alternatif seperti buah-buahan segar jika Anda sudah tidak merasa tahan lagi untuk menyantap makanan manis.

Baca Juga   Manfaat Latihan Yoga untuk Mengatasi Stres

5. Minuman Beralkohol atau Wine

Banyak percobaan dari jenis minuman keras ini yang menuai argumentasi antara satu dengan yang lainnya. Misalnya beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi sedikit wine (tidak lebih dari satu gelas per hari) dapat meredakan peradangan kronis dalam tubuh seseorang. Tetapi penelitian lainnya malah menunjukkan efek sabeliknya, bahwa asupan alkohol dalam wine sendiri malah dapat memicu peradangan dalam tubuh Anda.

Jadi, alih-alih Anda bertaruh dengan kedua kemungkinan tersebut, ada baiknya untuk menghindarinya saja secara total. Karena efeknya tidak hanya menyebabkan peradangan saja, juga bisa membuat Anda mabuk dan mengalami dehidrasi serta beresiko terkena migrain setelahnya. Selain itu, beberapa minuman keras lainnya seperti beer dan cocktail juga harus Anda hindari karena masih mengandung kadar alkohol yang tinggi.

6. Crackers

Meskipun seringkali diberikan label yang mengecoh seperti “multigrain”, tetapi sebenarnya crackers cenderung telah menjalani proses makanan tingkat tinggi, sekaligus dikemas dengan berbagai macam bahan berbahaya pemicu peradangan seperti tepung rafinasi, gula, dan lemak trans. Makanan jenis ini pun sarat akan minyak yang kaya akan asam lemak omega-6. Berbeda dengan asam lemak omega-3 yang menyehatkan, omega-6 cenderung malah akan membuat Anda terkena peradangan kronis jika asupannya tidak diatur.

7. Sereal

Meskipun Anda masih bisa menemukan beberapa sereal sarapan yang menyehatkan, tetapi kebanyakan yang beredar di pasaran sangatlah tidak disarankan untuk Anda konsumsi di pagi hari. Biasanya mereka telah dikemas dengan berbagai macam gula dan tepung rafinasi. Jikapun Anda memaksa ingin mengkonsumsinya karena faktor kebiasaan, maka Anda bisa memilih jenis sereal yang dibuat dengan gandum utuh, rendah gula, dan dikemas dengan serat agar mampu mengurangi peradangan dalam tubuh Anda.

Baca Juga   Inilah 7 Alasan Anda Harus Mengkonsumsi Yogurt Secara Teratur Untuk Kesehatan

8. Daging Asap

Sudah banyak penelitian yang menjelaskan bahwa lemak jenuh bisa sangat merugikan terhadap kesehatan Anda, dan bahkan bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Salah satu kandungan tersebut terdapat dalam daging asap – apapun jenisnya. Terlebih, daging asap mengandung lemak jenuh yang telah terproses, sehingga bisa mendatangkan bencana hingga 2 kali lipat untuk Anda, dan beresiko membuat kondisi radang Anda semakin parah dan semakin sulit untuk disembuhkan.

9. Yogurt Manis

Yogurt tanpa pemanis memang telah termasuk ke dalam salah satu makanan tersehat yang harus Anda dapatkan setiap harinya. Tetapi ketika produk susu tersebut telah dicampurkan dengan berbagai macam rasa buah-buahan, maka akan menjadi masalah besar bagi kondisi peradangan Anda.

Karena pada dasarnya, semua yogurt sebenarnya sudah mengandung sejenis gula yang disebut sebagai laktosa, maka dengan menambahkan campuran rasa buah-buahan malah akan membuatnya menjadi minuman yang dikemas terlalu banyak pemanis dan bisa memicu terjadinya peradangan di dalam tubuh Anda.

Sekali lagi para ahli menekankan untuk selalu memilih jenis yogurt yang bebas akan gula dan pemanis buatan lainnya. Faktanya, yogurt tanpa pemanis malah dapat menguntungkan perut Anda karena mengandung mikroorganisme yang mendukung kesehatan pencernaan Anda. Sementara itu, kesehatan perut Anda juga bisa menjadi akar dari semua kesehatan di seluruh tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *