9 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan dan Menjaganya Agar Tetap Ideal

Posted on
makanan untuk tubuh ideal
Makanan untuk Tubuh Ideal

Tidak pernah ada habisnya jika kita berbicara mengenai berat badan. Dimulai dari pola makan dan gaya hidup, hingga beberapa tips kompleks dan obat-obatan yang mahal, semua ada untuk mengatasi masalah berat badan Anda.

Tetapi sebelum Anda benar-benar menghabiskan isi kantong Anda dengan cara-cara yang belum tentu mampu memberikan hasil yang signifikan dan maksimal, ada baiknya Anda mulai mengubah pola makan dan gaya hidup Anda terlebih dahulu.

Beberapa yang bisa diubah dari gaya hidup Anda adalah dengan lebih banyak aktif secara fisik, serta berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit setiap harinya. Olahraga disini tidak harus selalu membutuhkan peralatan yang mahal, cukup dengan jogging saja setiap hari sudah bisa memberikan hasil yang lumayan baik untuk perkembangan gaya hidup sehat Anda.

Begitupun dengan pola makan, terdapat beberapa makanan yang harus Anda hindari atau kurangi porsinya, terutama jenis makanan di luaran sana yang mengandung lemak jenuh, gula rafinasi, dan bahan aditif lainnya.

Tetapi selain terdapatnya makanan yang harus Anda hindari, masih ada beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Malah jenis makanan ini bisa disebut sebagai makanan yang paling bersahabat dalam membantu upaya Anda menurunkan berat badan, sekaligus menjaganya agar tetap ideal.

Lantas makanan apa sajakah itu? Dimulai dari yang paling murah hingga jenis kudapan yang ‘agak’ sedikit mahal, berikut daftar makanan terbaik untuk menurunkan berat badan Anda.

1. Telur Utuh

Makanan ini memang murah, tetapi jangan sepelekan kadar nutrisi di dalamnya. Meskipun telur pernah ditakuti akan kandungan kolesterolnya yang tinggi, tetapi penelitian baru-baru ini menunjukkan dan berhasil membuktikkan bahwa ternyata telur tidak mempengaruhi kolesterol darah dan tidak menyebabkan Anda terkena serangan jantung.

Sebaliknya, telur ternyata merupakan satu diantara banyaknya makanan terbaik untuk mendukung upaya Anda dalam menurunkan berat badan. Jenis makanan ini sangatlah tinggi akan protein, lemak sehat, dan bisa membuat Anda merasa lebih kenyang sambil hanya menyediakan sedikit kalori.

Baca Juga   Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Tentu saja, ketika pola makan Anda mengharuskan membatasi asupan kalori, telur bisa menjadi pilihan terbaik karena memiliki hampir semua nutrisi yang tubuh Anda butuhkan.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan yang lainnya juga memainkan peran yang sangat penting dalam membantu upaya Anda menurunkan berat badan. Jenis makanan super sehat ini cenderung rendah akan kalori dan karbohidrat, tetapi sangat kaya akan serat. Mengkonsumsi sayuran hijau telah menjadi cara yang sangat baik dalam meningkatkan volume makanan Anda, tanpa harus mendapatkan asupan kalori berlebih.

Selain itu, sayuran hijau juga sangatlah bernutrisi dan memiliki kandungan vitamin, mineral hingga antioksidan yang teramat tinggi. Salah satu mineral yang memainkan peran penting yang terkandung dalam sayuran hijau adalah kalsium, dimana telah terbukti dapat membantu membakar lemak Anda secara lebih efisien.

3. Salmon

Pastinya Anda sudah tahu jika jenis ikan berlemak seperti salmon sangatlah menyehatkan. Selain rasanya yang benar-benar memuaskan, mengkonsumsi ikan berlemak tentunya dapat menjaga agar Anda tetap merasa kenyang selama berjam-jam meskipun mengandung sedikit kalori. Salmon sendiri dikemas dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan nutrisi penting lainnya untuk tubuh Anda.

Jenis ikan, serta makanan laut pada umumnya dapat menawarkan sejumlah yodium yang mengesankan. Nutrisi ini sangatlah dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tiroid Anda dengan benar, yang mana nantinya akan berimbas pada berjalannya metabolisme secara lebih optimal.

Selain itu, salmon juga dikemas dengan asam lemak omega-3 yang telah terbukti dapat membantu Anda mengurangi peradangan di dalam tubuh. Berkurangnya peradangan sendiri juga memainkan peran penting dalam menjaga Anda terkena obesitas dan penyakit metabolik.

Baca Juga   7 Cara Alami Mengatasi Kecemasan dan Stres Dengan Mudah

Adapun beberapa ikan berlemak lainnya selain salmon yang direkomendasikan adalah makarel, herring, tuna, dan sardin karena cenderung memiliki kadar merkuri yang rendah.

4. Sayuran Kubis-kubisan/Cruciferous

Sayuran cruciferous termasuk brokoli, kembang kol, dan kubis juga mengandung jumlah serat yang tinggi dan mengenyangkan. Terlebih lagi, sayuran jenis ini cenderung memiliki protein yang cukup untuk tubuh Anda.

Kadar protein dari sayuran ini memang tidak bisa disandingkan dengan protein yang terdapat dalam makanan hewani maupun kacang-kacangan (legume), tetapi sayuran cruciferous merupakan jenis sayuran dengan kandungan protein tertinggi jika dibandingkan dengan sayuran manapun.

Kombinasi antara protein, serat, dan kepadatan energinya yang rendah membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik yang harus Anda tambahkan ke atas piring agar membantu upaya menurunkan berat badan Anda.

5. Daging Tanpa Lemak dan Dada Ayam

Daging telah banyak dikambing-hitamkan sebagai jenis makananyang dapat mendatangkan berbagai macam masalah kesehatan, meskipun tidak didukung dengan bukti yang kuat. Memang benar jika daging terproses merupakan jenis makanan yang harus Anda hindari, tetapi lain lagi dengan daging yang belum menjalani proses tertentu karena cenderung tidak mendatangkan resiko Anda terkena penyakit jantung maupun diabetes.

Faktanya, daging termasuk ke dalam makanan terbaik bagi Anda yang tengah ingin menurunkan berat badan karena mengandung kadar tinggi protein. Sementara protein sendiri merupakan nutrisi yang paling membuat Anda merasa kenyang lebih lama sekaligus dapat membakar lebih banyak kalori antara 80 hingga 100 kalori per harinya.

6. Cabai Merah

Mengkonsumsi cabai merah tentu sangatlah bermanfaat untuk diet menurunkan berat badan Anda. Hal ini karena mereka mengandung zat yang disebut dengan capsaicin, yang mana telah terbukti dapat membantu mengurangi rasa lapar sekaligus meningkatkan pembakaran lemak. Namun sayangnya, efek ini cenderung tidak mempengaruhi orang-orang yang telah mengkonsumsi makanan pedas semenjak lama.

Baca Juga   7 Cara Luar Biasa Agar Terhindar Dari Gangguan Penyakit Otak

7. Kacang-Kacangan

Meskipun mengandung kadar lemak yang tinggi, tetapi kacang-kacangan cenderung tidak menyebabkan Anda gemuk sehingga membuatnya menjadi salah satu kudapan lezat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena kandungan protein, serat, dan lemak sehat yang dimilikinya. Tetapi pastikan untuk selalu memperhatikan porsinya karena mereka masih padat akan kalori.

8. Alpukat

Alpukat termasuk ke dalam salah satu jenis buah-buahan terunik yang bisa Anda temukan dengan mudah di Indonesia. Disebut unik karena jika kebanyakan buah mengandung kadar karbohidrat yang tinggi, berbeda dengan alpukat yang cenderung memiliki kadar lemak sehat di dalamnya, terutama lemak tak jenuh tunggal berjenis asam oleat.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan cukup air sehingga buah ini padat akan energi. Terdapat pula kandungan nutrisi penting lainnya untuk tubuh seperti serat dan kalium.

9. Keju

Produk susu memang cenderung tinggi akan protein. Tetapi diantara yang paling mampu menyediakan protein terbaik adalah keju cottage. Dengan mengkonsumsi jenis produk susu yang satu ini, maka bisa menjadi cara terbaik dalam meningkatkan asupan protein Anda. Selain itu, keju  cenderung mengenyangkan, sehingga membuat Anda terhindar dari ngidam makanan atau makan berlebih.

Seperti yang kita tahu bahwa ngidam makanan merupakan salah satu musuh terbesar yang harus selalu Anda waspadai jika tengah menjalani diet menurunkan berat badan. Parahnya, keinginan untuk makan berlebih ini sangat sulit untuk dikendalikan terutama ketika Anda sudah merasa kelaparan. Maka dari itu, selalu jaga asupan makan Anda dengan nutrisi berkualitas tinggi dari waktu ke waktu.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *