Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Posted on

Jerawat memang merupakan masalah yang kerap mengganggu penampilan, terutama pada wanita. Wajah penuh jerawat memang membuat penampilan kita menjadi tidak menarik. Timbulnya jerawat sering terjadi pada remaja di masa pubertas antara usia 14 hingga 19 tahun yang disebabkan perubahan hormon. Namun ternyata masalah jerawat bukan saja diderita remaja, namun juga orang dewasa baik pria maupun wanita.

Penyebab terjadinya jerawat pada umumnya disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain akibat adanya sumbatan, produksi minyak berlebih, atau infeksi bakteri. Jerawat bisa timbul karena sebum atau minyak berlebih yang menutupi pori-pori. Minyak dihasilkan oleh tubuh untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Namun produksi minyak berlebihan dapat menyebabkan timbulnya akne atau jerawat. Saat minyak dan keringat menumpuk, kulit menjadi tempat berkembang biak bakteri Propionibacterium acnes, atau bakteri penyebab jerawat. Jerawat muncul akibat adanya sumbatan di saluran kelenjar minyak yang kemudian terinfeksi bakteri propionibacterium acnes. Dan terjadilah proses inflamasi atau peradangan, sehingga timbullah jerawat.

Peningkatan sebum atau minyak alami yang diproduksi kelenjar di kulit merupakan penyebab jerawat. Peningkatan sebum ini kemudian diperparah dengan pori-pori yang tertutup dan bakteri di wajah. Semuanya itu mendorong terjadinya peradangan, sehingga timbullah jerawat. Tingginya tingkat hormon akan mempengaruhi produksi sebum di kulit. Biasanya peningkatan paling tinggi adalah saat remaja.
Cuaca panas dan keringat juga mampu memicu produksi kelenjar minyak berlebih yang berpotensi menimbulkan jerawat.

Ada banyak penyebab jerawat, misalnya, perawatan kulit yang minim, konsumsi makanan berlemak yang terlalu banyak, kurang minum, pola makan yang mengandung banyak kalori, minyak dan lemak, misalnya terlalu banyak fast food dan lain-lain.

Makanan yang memiliki glycemic index (GI) dan lemak yang sangat tinggi membuat kulit bisa menjadi berminyak dan berlemak sehingga sangat disukai bakteri penyebab jerawat. Produk-produk perawatan kulit dan rambut, seperti hair conditioner, gel, shaving cream (untuk pria), moisturizer, sunscreen, dan produk-produk lain yang mengandung minyak, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Jerawat juga bisa muncul karena pikiran dan stres di dalam tubuh. Jika stres, tubuh akan memproduksi hormon stres (kortisol) yang akan merangsang produksi minyak berlebih dari kelenjar sebum di dalam kulit. Kalau kelebihan minyak ini bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri, jerawat bisa bertambah besar atau bertambah parah.

Sekarang ini ada banyak sekali produk penghilang jerawat secara instan, tetapi sebenarnya harus lebih hati-hati menggunakannya. Akan lebih baik bila kita mengobati jerawat dengan bahan alami dan gaya hidup sehat.

Berikut tips cara menghilangkan jerawat dengan cara alami

-Tidur cukup dan hindari begadang atau tidur terlalu larut malam.

Kurang tidur bisa menyebabkan stress, meningkatkan kekebalan terhadap insulin dan depresi. Stres merupakan faktor penting yang dapat menyebabkan jerawat. Meningkatnya stres dapat menstimulasi kelenjar adrenalin yang bertugas untuk memproduksi androgen. Pengeluaran dari hormon ini di tubuh memicu pembentukan jerawat. Stres juga berdampak pada sistem kekebalan, sehingga hal itu dapat memperlambat penyembuhan jerawat.

– Konsumsi makanan yang cukup untuk tubuh.

Ada beberapa makanan yang dianggap mampu mencegah jerawat. Makanan seperti Tiram, daging unggas, dan ikan yang mengandung asupan Zinc (seng) yang cukup dalam setiap menu makanan dapat membantu mengerem munculnya jerawat.  Makanan lainnya seperti ikan salmon, sarden, dan mackerel, atau biji rami dan kenari yang mengandung asam lemak omega-3 selain membantu mencegah peradangan dapat juga membantu mengontrol timbulnya jerawat.  Selain itu kita dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung Antioksidan vitamin E, Makanan yang kaya vitamin C dan makanan yang mengandung Beta-karoten yang dapat membantu menyehatkan kulit.

– Olahraga

Olahraga teratur dapat membantu meredakan stres dan juga memberikan efek meremajakan tubuh. Olahraga teratur bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan melancarkan peredaran darah ke bawah permukaan kulit. Olahraga akan mengeluarkan keringat dan keringat bisa membantu membersihkan pori-pori serta mengurangi sel kulit mati, minyak dan zat kimia yang menumpuk di permukaan kulit.

– Membersihkan wajah

Mencuci muka setiap hari memang bisa menyingkirkan kelebihan minyak, sel kulit mati dan debu, tetapi frekuensi pembersihan yang terlalu sering juga membuat kondisinya lebih buruk. Jaga keseimbangan minyak pada kulit dengan mencucinya memakai sabun yang lembut tidak lebih dari dua kali dalam sehari.
Juga saat membersihkan wajah perhatikan air yang dipakai. Pastikan air yang dipakai bukan air dengan kandungan mineral yang tinggi. Air yang mengandung banyak mineral ketika digunakan untuk mencuci wajah biasanya akan meninggalkan residu mineralnya di kulit. Lapisan inilah yang menutup pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.  Jangan lupa, cuci dulu tangan sebelum menyentuh wajah. Kemudian, keringkan wajah yang sudah bersih dengan menepuk-nepuknya dengan handuk yang kering dan lembut

– Jangan terlalu sering menyentuh wajah

Jangan terlalu sering untuk menyentuh wajah. Kulit bisa timbul jerawat akibat kotoran dan bakteri dari tangan kita. Kita juga harus menahan diri untuk tidak memegang atau memencet jerawat.  Jangan memegang-megang jerawat yang mulai tumbuh. Memencet jerawat bisa membuat bakteri pada jerawat masuk semakin dalam ke kulit, sehingga menimbulkan peradangan dan bekas luka permanen.

– Perhatikan posisi tidur

Usahakan untuk sering mengganti posisi saat tidur jangan satu sisi saja. Kita juga bisa mengganti sarung bantal sesering mungkin, dan juga menghindari penggunaan sarung bantal berbahan polyester serta lycra. Tumbuhnya jerawat bisa disebabkan oleh reaksi kulit dengan bahan sarung bantal. Karena dipakai dalam waktu yang cukup lama, maka sarung bantal ini menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

– Menghilangkan jerawat dengan sari jeruk nipis

Kita dapat mencoba menghilangkan jerawat dengan sari jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung bahan antibakteri dan antiseptik. Buah ini juga memiliki kandungan asam alpha-hydroxy yang dapat mengurangi bekas jerawat. Caranya bisa dengan diminum dan juga dioleskan diwajah. Untuk membuat jus jeruk nipis, campurkan perasan jeruk nipis dengan air dingin dan minumlah setiap hari.  Untuk mengoleskan jeruk nipis di wajah. Caranya, teteskan perasan jeruk nipis di atas kapas, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

– Menggunakan garam ke kulit wajah

Garam memiliki efek anti-bakterial sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat. Garam juga secara alami dapat menyerap minyak dari kulit sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat. Tekstur garam yang kasar sangat berguna untuk pengelupasan kulit. Garam dapat mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit. Caranya kita dapat mengkompres wajah yang terdapat jerawat dengan air garam.

Begitulah sedikit tips dan cara menghilangkan jerawat secara alami. Semoga bermanfaat. Sebenarnya  jerawat bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi memang perlu waktu sekitar 2 minggu atau lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *