Daun Mint Untuk Manfaat Kesehatan

Posted on

Saya menanam pohon mint di depan rumah. Pohon mint ini saya tanam di pot. Bibit mint ini saya dapat dari mint yang saya beli di swalayan kemudian beberapa batangnya saya tancapkan di pot setelah sebelumnya diambil daunnya jadi hanya batangnya saja. Dari beberapa batang ternyata yang tumbuh hanya dua saja sedangkan sisanya layu. Sekarang mint yang saya tanam sudah lumayan tumbuh lebat. Mint yang saya tanam ini jenisnya adalah peppermint.

Mint ini enak dijadikan untuk campuran teh hangat. Mengambil mint dari tanaman sendiri tentu lebih segar daripada beli di swalayan. Mint ini bagus untuk  gangguan pencernaan. Kalau perut kita sedang rada mual dengan minum teh yang dicampur mint mualnya bisa cepat hilang. Mint juga bisa membantu memperlancar pernapasan. Aroma mentol dari mint bisa membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung anti-inflamasi. Teh mint yang terbuat dari daun mint juga efektif menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut. Bau mint memang wangi dan menyegarkan. Tidak salah kalau banyak permen yang memiliki rasa mint.

Daun mint ternyata juga mengandung vitamin A, C, dan B12 jadi bagus buat kesehatan.  Mint juga memiliki aroma yang dapat meringankan gejala stres dengan menginduksi rasa tenang. Kita bisa mengucek-ngucek daunnya dan langsung cium baunya yang wangi mint.

Selain  daun mint digunakan sebagai campuran  minuman hangat. Daun mint bisa juga digunakan sebagai masker wajah disertai dengan krim wajah khusus jerawat. Daun mint juga bisa untuk obat gatal akibat gigitan serangga. Caranya, haluskan daun mint dan oleskan pada kulit yang gatal.

Karena manfaat kesehatannya disarankan untuk meminum tidak lebih dari tiga atau empat cangkir teh mint setiap hari.  Kalau kelebihan juga kurang bagus terutama untuk yang penyakit maag. Sekarang saya suka sekali minum teh hangat dengan campuran daunt mint segar yang saya ambil dari halaman saya sendiri. Enak dan menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *