Inilah 7 Alasan Anda Harus Mengkonsumsi Yogurt Secara Teratur Untuk Kesehatan

Posted on
Manfaat yoghurt
Yoghurt Baik untuk Kesehatan

Susu sapi telah banyak dikonsumsi oleh peradaban manusia semenjak ratusan tahun yang lalu, karena selain rasanya yang enak, minuman berwarna putih ini sangatlah bernutrisi dan mampu memberikan berbagai macam manfaat kesehatan untuk Anda.

Seperti misalnya yogurt, sejenis minuman yang dibuat oleh fermentasi bakteri susu ini telah dikenal akan kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan usus seseorang. Bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt ini bertugas dalam memfermentasi laktosa, yaitu sejenis gula alami yang bisa Anda temukan dalam susu itu sendiri.

Proses fermentasi tersebut akan menghasilkan sejenis protein susu kental yang disebut dengan asam laktat sehingga membuat yogurt memiliki tekstur dan rasa yang lebih unik. Anda bisa menemukan berbagai macam jenis dan varian yogurt yang di luaran sana, tetapi para ahli selalu merekomendasikan Anda untuk selalu memilih jenis yogurt bebas lemak tanpa pewarna tambahan agar Anda dapat memetik manfaatnya secara maksimal.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa macam alasan kenapa Anda harus mengkonsumsi yogurt bebas lemak dan bebas gula tambahan menurut para ahli.

8 Keuntungan Mengkonsumsi Yogurt Secara Teratur :

1. Kaya Akan Nutrisi Penting

Yogurt mengandung sebagian dari hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sudah bukan rahasia lagi jika minuman dengan rasa asam menyegarkan ini dikemas dengan kalsium, yaitu sejenis mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung kesehatan gigi dan tulang. Hanya satu gelas dari yogurt saja sudah mengandung 49% kalsium dari kebutuhan harian Anda.

Anda juga masih bisa menemukan berbagai macam jenis vitamin B, terutama jenis vitamin B12 dan riboflavin, dimana keduanya memainkan peran penting dalam menjaga Anda dari penyakit jantung dan cacat lahir tabung saraf.

Selain kalsium, satu gelas yogurt pun masih dikemas dengan 38% fosfor, 12% magnesium, dan 18% kalium. Jenis mineral ini sangatlah penting untuk proses berbagai macam biologis, seperti mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang.

Baca Juga   Manfaat Kesehatan dari Daun Binahong

2. Mengandung Kadar Protein Tinggi

Protein telah terbukti mampu membantu metabolisme dengan cara meningkatkan kadar pengeluaran energi Anda, atau jumlah kalori yang Anda bakar selama seharian penuh. Mendapatkan asupan protein yang cukup sangatlah penting dalam mengatur nafsu makan Anda, karena senyawa organik ini dapat meningkatakn produksi hormon perasaan kenyang. Untuk alasan inilah, mengkonsumsi yogurt dapat mencegah Anda makan berlebih atau menambah asupan kalori Anda sepanjang hari.

3. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan Anda

Beberapa jenis dari yogurt mengandung bakteri hidup, atau yang lebih dikenal dengan probiotik. Tetapi sayangnya, banyak sekali yogurt yang telah menjalani pasteurisasi sehingga membunuh bakteri menguntungkan tersebut. Maka dari itulah, selalu periksa label yogurt yang ingin Anda beli, apakah jenis tersebut mengandung kultur aktif dan hidup di dalamnya?

Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yogurt adalah Bifidobacteria dan Lactobacillus, yang mana telah terbukti dapat mengurangi gejala yang tidak mengenakkan dari sindrom iritasi usus (IBS – irritable bowel syndrome), yang telah menjadi gangguan paling umum terkait kesehatan usus Anda.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi minuman yogurt secara teratur – terlebih yang mengandung probiotik seperti yang sudah dijelaskan di atas – dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sekaligus mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit tertentu. Probiotik sendiri memainkan peran penting dalam mengurangi kondisi peradangan dalam tubuh, yang terkait dengan berbagai macam kesehatan dimulai dari infeksi virus hingga gangguan usus.

Terlebih lagi, sifat peningkat sistem kekebalan tubuh tersebut sebagian datang dari kandungan mineralnya seperti magnesium, selenium, dan zinc. Apalagi jika Anda memilih yogurt yang telah diperkaya dengan vitamin D sehingga mampu meningkatkan sistem imunitas Anda setingkat lebih tinggi lagi. Vitamin D sendiri telah diteliti dan mampu mencegah Anda terkena berbagai macam penyakit umum seperti flu dan pilek.

Baca Juga   Selain Bijinya, Daun Selasih Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

5. Mencegah Anda Terkena Osteoporosis

Sama halnya seperti susu, yogurt pun mengandung nutrisi kunci dalam menjaga kesehatan tulang Anda, termasuk kalsium, protein, kalium, fosfor, dan kadang-kadang vitamin D (jika yogurt tersebut telah diperkaya dengan jenis vitamin tersebut).

Semua vitamin dan mineral tersebut sangatlah membantu dalam mencegah Anda terkena osteoporosis, yaitu sebuah kondisi yang ditAndai dengan melemahnya tulang dan seringkali terjadi terhadap orang-orang yang sudah memasuki usia tua.

Seseorang yang menderita osteoporosis cenderung memiliki kepadatan tulang yang rendah sehingga memiliki resiko tinggi terkena patah tulang. Untungnya, dengan mengkonsumsi makanan susu atau produk susu seperti yogurt sebanyak 3 kali sehari secara teratur, maka dapat membantu Anda mempertahankan masa dan kekuatan tulang tersebut secara lebih efektif.

6. Memberi Manfaat Kesehatan Jantung

Berbeda dengan lemak yang bisa Anda temukan dalam daging asap atau makanan olahan lainnya, lemak yang terkandung dalam yogurt termasuk ke dalam salah satu jenis yang sangat menyehatkan.

Anda bisa menemukan baik lemak jenuh maupu lemak tak jenuh tunggal dalam yogurt. Tetapi meskipun begitu, lemak jenuh dalam yogurt tidak mendatangkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara wajar.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa lemak jenuh dikenal sebagai penyebab dari penyakit jantung, tetapi penelitian baru-baru ini malah menemukan fakta yang tak terduga. Jenis lemak jenuh dalam yogurt masih aman untuk dikonsumsi, sehingga tidaklah aneh jika di negara-negara besar sana – seperti Amerika Serikat – varian yogurt rendah lemak masih laris di pasaran.

Masih mengacu pada penelitian tersebut, dimana tidak ditemukan adanya bukti bahwa lemak jenuh dalam makanan ini dapat merugikan kesehatan Anda, malah dapat menguntungkan siapapun yang mengkonsumsinya.

Fakta ini diperkuat oleh beberapa penelitian lainnya yang menunjukkan bahwa asupan lemak jenuh dari produk susu murni mampu meningkatkan kadar kolesterol baik yang disebut dengan “HDL”, dimana mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Di saat yang bersamaan, asupan yogurt juga dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit jantung secara keseluruhan.

Baca Juga   7 Manfaat Cuka Sari Apel Untuk Kesehatan Anda

Tidak cukup sampai di sana, produk susu seperti yogurt juga telah terbukti dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi seseorang, yang mana telah menjadi faktor utama Anda terkena penyakit jantung. Tetapi efek ini lebih terlihat terhadap mereka yang telah didiagnosa dengan kondisi tekanan darah tinggi.

8. Dapat Membantu Mengatur Berat Badan

Yogurt pun memiliki manfaat ketika digunakan sebagai makanan untuk menurunkan berat badan, atau mempertahankan berat badan Anda yang telah ideal. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa yogurt mengandung kadar protein tinggi, dimana ia bekerja sama dengan kalsium untuk meningkatkan kadar hormon penurun nafsu makan yang disebut dengan Peptida YY dan GLP-1.

Bahkan beberapa penelitian telah menemukan bahwa asupan yogurt secara teratur telah dikaitkan dengan berat badan yang lebih rendah, menurunkan persentase lemak di tubuh, serta mengurangi lingkar pinggang Anda.

Tetapi Sepertinya Yogurt Tidak Cocok Untuk Semua Orang

Meskipun dengan segudang manfaat yang dimilikinya, tetapi sepertinya yogurt tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang, karena terdapat diantara kita yang merasa intoleran terhadap laktosa dan alergi terhadap susu.
Intoleransi terhadap laktosa terjadi ketika tubuh Anda kekurangan laktase, yaitu sejenis enzim yang bertugas dalam memecah gula dalam susu yang disebut dengan laktosa. Sementara alergi susu dipicu oleh kandungan protein di dalamnya yang disebut dengan kasein dan whey.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *