Khasiat daun Binahong Yang Bisa Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Posted on

Binahong tumbuhan yang mudah ditanam di perkarangan rumah ini ternyata banyak khasiatnya. Bentuk daun binahong kalau diperhatikan berbentuk seperti lambang hati atau love. Ciri Batang binahong berwarna merah dan tumbuh merambat. Tumbuhan binahong ini juga punya bunga dan ada umbinya tapi yang banyak dijadikan obat yaitu daunnya.

Daun Binahong ini punya banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Daun binahong memiliki kandungan antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein. Cara untuk memakai daun binahong ini bisa dimakan langsung atau direbus. Daun binahong juga bisa dijadikan sebagai obat luar.

Daun binahong ini memang rasanya sedikit pahit tapi khasiatnya bisa langsung terasa begitu mengkonsumsinya. Untuk mengobati penyakit ambeien, darah rendah, gusi berdarah, diabates dan penyakit dalam lainnya bisa dengan cara merebus daun binahong sampai mendidih kemudian minum air rebusannya tersebut.

Sedangkan untuk mengobati luka luar seperti luka atau jerawat yatu dengan cara cuci daun binahong, lalu remas-remas hingga menjadi lembut dan berlendir. Kemudian oleskan daun yang telah diremas-remas tersebut ke kulit yang terluka atau berjerawat.

Walaupun baik untuk obat, daun binahong ini ternyata juga memiliki efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan denyut jantung tidak teratur, pusing, gelisah, insomnia dan sakit kepala. Daun binahong juga tidak boleh dikonsumsi untuk ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *