Khasiat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Posted on

Daun pandan yang biasa dijadikan untuk bahan pewarna dan pewangi makanan atau kue ini ternyata juga bagus untuk kesehatan lho… Kita biasa memakai daun pandan sebagai campuran kolak atau bubur kacang ijo. Daun pandan juga sering dipakai untuk pewarna kue. Disamping warna kue jadi bagus juga membuat kue menjadi wangi.

Daun pandan wangi yang memiliki nama latin Pandanus ammaryllifolius ini ternyata bisa untuk mengobati penyakit rematik dan darah tinggi. Daun pandan bisa untuk mengobati penyakit karena mengandung saponin, tanin, flavonoid, dan polifenol.   Saponin dan flavonoid dan polifenol bisa meringankan rasa pegal dan sakit pada bagian tubuh yang terkena rematik. Sedangkan zat tanin pada  daun pandan memberikan efek  menenangkan yang bisa menurunkan darah tinggi.

Untuk pemakaian daun pandan sebagai obat rematik yaitu daun pandan diiris-iris dan dicampur minyak kelapa kemudian dioleskan di bagian yang sakit karena rematik. Untuk pengobatan darah tinggi kita bisa meminum air rebusan daun pandan. Minum air rebusan daun pandan pagi dan sore hari sampai tekanan darah menjadi normal.

Disamping untuk mengobati penyakit darah tinggi dan rematik, daun pandan juga bagus untuk rambut terutama untuk rambut yang berkotombe. Caranya dengan menghaluskan daun pandan kemudian oleskan daun pandan yang halus tersebut ke rambut kita. Atau bisa juga menggunakan air rebusan daun pandan untuk mencuci rambut. Selain bisa membuat rambut menjadi bagus, daun pandan juga bisa membuat rambut kita wangi pandan..

Nah sekarang jadi tahu kan berbagai manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan… Daun pandan memang lebih enak dibuat menjadi makanan atau minuman disamping aroma dan rasanya yang enak ternyata juga bisa membuat kita bertambah sehat.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *