Manfaat Kesehatan dari Daun Binahong

Posted on

Binahong merupakan tanaman yang berasal dari negara korea. Daun Binahong mungkin sudah tidak asing bagi anda, banyak yang mulai menggunakannya untuk pengobatan terhadap penyakit. Daun tanaman binahong berbentuk cinta dan berwarna hijau. Daun binahong memiliki kandungan senyawa kimia seperti asam olenolik, minyak essensial dan polifenol yang tinggi yang memberi efek antioksidan serta pendorong kekebalan tubuh. Manfaat kesehatan lain dari daun binahong yaitu:

Manfaat Kesehatan dari Daun Binahong

1. Mengobati memar akibat terbentur, luka terbakar, rematik, pegal linu, nyeri oto dan menghaluskan kulit.

Untuk mendapat manfaat diatas, daun binahong anda pakai untuk penggunaan eksternal. Daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang terkena .

[bacajuga title=”Baca Juga :”]

[/bacajuga]

2. Menghilangkan Jerawat.

Ambil daun binahong 5 daun atau lebih, oleskan secara merata pada wajah terutama pada Jerawat. Lakukan sebelum tidur. Cuci bersih keesokan harinya. lakukan beberapa kali sampai kulit halus, untuk hasil yang maksimal minum 5-6 daun binahong dalam segelas air yang dicampur Juz . Dapat dicampur dengan madu yang memiliki rasa .

3. Pengobatan maag.

Daun binahong merupakan obat herbal yang tidak memiliki efek samping buruk bagi kesehatan. Rebus 5 atau 7 daun binahong dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 gelas, kemudian minum. Untuk penderita maag harus dilakukan tiga kali sehari sebelum makan untuk mengatasi masalah.

4. Untuk disfungsi jantung

Ambil tiga lembar daun di remas-remas hongga mengeluarkan lendir kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, diamkan 1 jam lebih, jika perlu ditambahkan gula untuk mengurangi bau yang tidak sedap. Minum 3 cangkir sehari diwaktu pagi, siang dan malam hari sebelum tidur.

Baca Juga   10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Penyakit Asam Urat

Pada awal mengkonsumsi air rebusan daun Binahong akan terasa perih karena terluka dan kemudian panas, tapi hal itu aman dan menyembuhkan. Pemanfaatan daun binahong sangat dianjurkan untuk kesehatan karena tanaman ini mudah didapatkan di berbagai tempat. Tidak hanya daun saja tapi semua bagian tanaman binahong yang dapat digunakan sebagai bahan terapi herbal. Bagian tanaman seperti umbi, daun dan batang dapat dibuat obat yang bervariasi. Jadi jika dikombinasikan dengan herbal lain seperti daun sirih, temulawak dapat untuk obati diabetes dan radang usus besar.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *