Selain Bijinya, Daun Selasih Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Posted on

Saya punya satu pot pohon selasih. Selain bisa dibuat sebagai obat, pohon selasih juga lumayan bagus sebagai pohon hias.. Memang pohonnya masih kecil jadi belum begitu banyak bisa diambil bijinya.

Pohon Selasih yang memiliki nama latin Ocimum basilicum L. ini bijinya ternyata bagus untuk untuk masalah gangguan pencernaan, seperti sembelit dan panas dalam. Selasih ini memang kita kenal dengan bijinya yang bisa kita beli dipasar. Biji Selasih ini biasanya dimanfaatkan untuk tambahan minuman.

Selasih memiliki khasiat untuk mengobati melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dan melancarkan buang air kecil juga untuk sembelit dan menurunkan demam dan panas dalam.

Sebenarnya tidak hanya bijinya saja yang bermanfaat untuk kesehatan daun selasih ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Selasih mengandung methylchavicol, ocimene, alpapipene, eucalyptole, linalool, geraniol, limonene, alpha-cinere, eugenole, eugenol methyl ether, anethole, furfuralmethyl cinnamate dll.

Daun selasih juga bisa dimanfaatkan untuk obat batuk. Cara untuk menjadikan daun selasih sebagai obat batuk yaitu ambil beberapa helai daun selasih kemuddian tumbuk dan remas.. Air remasan itu bisa diminum untuk obat batuk.

Gravatar Image
Seorang Herbalis yang sedang belajar menjadi praktisi thibbun nabawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *